Home / PMD / Kang Tarno warga Karangwuni adol lombok ora tombok

Kang Tarno warga Karangwuni adol lombok ora tombok

Wates, Kabarno.com – Petani yang menanam cabe ( lombok ) di Desa Karangwunu Wates Kulon Progo tahun ini 2019 merasakan kenikmatan sebab harga cabe ( lombok ) tidak bikin tombok, dituturkan Sutarno salah satu petani di Karangwuni saat di temui Kabarno.com di kios pengepulan Rabu, 16 Oktober 2019.

” Kadang Tani ing sami panen lombok ing tahun punika mboten sami sambat, jalaran regi lombok sampun murwat kaliyan modal ingkang dipun ginakaken nanem, kangge tumbas bibit ugi biaya perawatan saklaminipun medal wohipun.”

Kang Tarno menambahkan sebagian warga Desa Karangwuni yang khususnya menanam Cabai di Tahun 2019 ini. Harga Cabai yang pada tahun ini cukup tinggi di pasaran, membuat harga beli di Petani pun cukup tinggi. Desa Karangwuni sudah sejak lama dikenal sebagai Desa yang subur lahan pertaniannya juga dikenal sebagai Desa yang sebagian warganya berprofesi sebagai Petani Cabai.

Sementara Kepala Desa Karangwuni Wasul Khasani Spd Jas di temui terpisah mengatakan Desa Karangwuni sudah sejak lama dikenal sebagai Desa yang subur lahan pertaniannya juga dikenal sebagai Desa yang sebagian warganya berprofesi sebagai Petani Cabai.

” Cabai yang ditanam oleh Warga Desa Karangwuni selain di lahan persawahan juga ditanam di lahan pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.”

Dengan Harga Cabai yang cukup tinggi pasarannya sekarang ini, membuat para Petani Cabai di Desa Karangwuni bisa menikmati keuntungan dari penjualan cabai ke pengepul-pengepul cabai yang ada di Desa Karangwuni. Dengan harga yang tinggi tersebut otomatis para petani bisa mengembalikan modal awal sebagai produksi pertanian sehingga sisanya bisa dijadikan sebagai keuntungan atau tambahan penghasilan bagi para petani. Dengan harga cabai yang stabil diangka kisaran Rp.20.000,- – Rp.30.000,-. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Kaposek Panjatan Ajak Warga Masyarakat Taati Prokes

Panjatan, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Panjatan Polres Kulon Progo selaku satgas KTNMRSKS dan Penanganan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *