Home / PMD / Kang Kardi golek banyu ing mangsa ketiga

Kang Kardi golek banyu ing mangsa ketiga

Pengasih, Kabarno.com – Kang Sukardi 56 tahun warga Pedukuhan Nabin, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo di musim kemarau ini harus rajin setiap hari harus menempuh jarak dari rumah hingga mata air yang ada di pinggir sungai puluhan kilo.

” Kula kawit enjing sampun mlampah mendet banyu ing mriki, menawi dipun etang wah yih katah udakara 30 an kilo, mlampah kaliyan wangsul, lha wong saben dinten kula mendet banyu paling sekedik kaping 4. “

Kang Kardi menambahkan, sebenarnya di rumah ada sumur, tetapi kalau musim kemarau tidak ada airnya, dan ini sudah ada tiga bulan kurang lebih, yang jelas setelah lebaran Idul Adha kemarin.

Jarak rumah dengan sumber mata air yang berada di dekat sungai Jemarin Pendem Sidomulyo kurang lebih 5 Kilo meter, itu bisa memakan waktu separuh hari, itupun kalau tidak anteri.

Sementara Kepala Desa Sidomulyo Kabul dihubungi terpisah mengatakan, tidak hanya di Pedukuhan Nabin saja yang merasakan kekurangan air bersih bahkan ada yang melebihi, diantaranya Pedukuhan Kemaras, Pedukuhan Secang, Pedukuhan Gondangan, Pedukuhan Talunombo, dan Pedukuhan Banaran. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Jasa Raharja Bersama Unit Laka Lantas Polres Kulon Progo Do’a Bersama

Wates, Kabarno.com – Untuk memperart tali silaturahmi dan memohon kepada Tuhan agar angka kecelakaan lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *