Home / KEMAT / Kabupaten Ambal-4: Puja Gamawijaya, Pahlawan atau Penjahat?

Kabupaten Ambal-4: Puja Gamawijaya, Pahlawan atau Penjahat?

Kabupaten Ambal yang penuh pesona masa silam, memang mengalirkan banyak cerita. Termasuk cerita tentan Puja Gamawijaya. Ialah tokoh yang mengantarkan Poerbanegara menjadi Bupati Ambal satu-saatunya sepanjang 44 tahun.

Gamawijaya, dalam sejarah versi umum, digambarkan sebagai berandal yang meresahkan. Terutama bagi penguasa Mataram saat itu. Tapi menurut versi yang tersembunyi, Gamawijaya sesungguhnya sosok yang penuh budi. Setidaknya, lewat aksi-aksi kejahatannya, kekuatan Mataram yang pro penjajah Belanda bisa digerogoti.

Memang, hingga saat ini, masih sangat sedikit yang berani mengungkap bahwa Gamawijaya adalah tokoh baik (jika tidak bisa disebut sebagai pahlawan). Setiap membicarakan Kabupaten Ambal, nama Gumawijaya disebut  dengan cap penjahat.

“Ada sementara masyrakat yang jika tentang Gamawijaya akan selalu mendapat jawaban yang berbeda. Mereka memanggil nama Gamawijaya dengan imbuhan eyang dengan penuh hormat. Ia dianggap sebagai tokoh  yang membegal para antek kompeni yang hendak setor upeti ke Mataram,” kata Ki Setyo Budi yang asli Ambal dalam perbincangan di beranda rumah peninggalan Bupati Poerbanegara.

Hasil begalan upeti yang hendak disetor ke Mataram, tambahnya akan dibagikan atau dimakan bareng dengan masyarakat. “Tapi versi yang berbeda dipandang dari sudut Gopermen, Gamawijaya itu penjahat atau brandal yang harus dimusnahkan,” kata Ki Setyo yang juga budayawan Ambal.

Selama ngraman, Gamawijaya memang menyulitkan pihak Kompeni. Mereka selalu gagal menangkap Gamawijaya karena kesaktiannya. Juga karena, konon, persembuyiannya sulit dilacak oleh sebab dibantu ditutup oleh masyarakat setempat.

“Sampai saat ini, keberadaan makam Gamawijaya tidak ada tahu. Hanya lokasi pertempuran di Desa Ambal Kumolo yang tempatnya sekarang dinamakan Dukuh Jeblog,” ungkap Setyo Budi, dalang Banyumas yang juga Ketua Umum Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi.(Bersambung)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-16: Ki Basuki Hendro Prayitno, Dalang Senior yang Merakyat

Ini, Ki Basuki Hendro Prayitno. Dalang senior, ternama, dan menjadi rujukan dalang muda di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *