Ini Prestasi TK Pertiwi Ekokapti Kulur, Temon, Kulon Progo

oleh -216 Dilihat
oleh

Awal bulan depan, atau 1 Maret 2020, Taman Kanak-kanak Pertiwi Ekokapti, Kulur, Kapenewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, siap kembali berprestasi. Menurut rencana, TK tertua di Kulur itu, akan mengikuti lomba drumband tingkat Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY).

Tahun lalu, saat lomba yang sama digelar di Gor Pangukan, Seleman, Ahad, 10 Februari 2019, TK yang berdiri sejak tahun 1972 ini, membawa Juara II Paramanandi untuk Klasmen Pemula. Drumband TK Pertiwi Ekokapti yang dilatih Kak Fani dan Kak Aldi itu, juga mendapat Juara II Mayoer.

Dan, pada kesertaannya pada awal Maret 2020 nanti, TK Pertiwi Ekokapti siap memperbaiki ranking dengan target juara pertama.

Sepanjang tahun 2019, memang banyak prestasi yang dicapai TK yang dipimpin oleh Sumartini S.Pd.Aud sebagai kelapa sekolah itu.

Di penghujung tahun, tepatnya 15 Desember 2019 misalnya, TK Pertiwi Ekokapti juga membawa piala dalam kejuaraan angklung tingkat DIY. Dalam kompetisi yang digelar oleh komunitas Angklung Cilik Indonesia (ACI) itu, prestasi yang diraih adalah Juara 3 penyajian, serta predikat terbaik untuk kategori Asesori Anglung.

Saat itu, pada lomba yang diselenggarakan di Sindu Kusuma Edupark Sleman, TK Pertiwi Ekokapti membawakan lagu  Bintang Kejora dan Yamko Rambe Yamko. Berada di bawah asuhan Ibu Risma sebagai pelatih, permainan angklun TK Pertiwi Ekokapti, termasuk menarik peserta dan penonton lomba.

“Kegiatan Lomba dapat terlaksana atas kerjasama dari keluarga besar Tk Pertiwi Ekoakpti Guru, Komite sekolah,  wali murid , pelatih  dan terutama anak-anak yang giat berlatih,” kata Sumartini, S.Pd.Aud, Kepala Sekolah TK Pertiwi Ekokapti.

Kerja keras yang tak kehilangan keceriaan, menurut Bu Sumartini, membuahkan prestasi yang membanggakan.

Untuk persiapan lomba wali murid juga tidak segan-segan mengantar anak didik untuk latihan angklung yang persiapannya 12 kali pertemuan. Menjelang lomba, semua terlibat persiapan. Para guru juga ikut membantu menghias angklung. Costum disesuaikan dengan lagu Yamko Rmbe Yamko.

“Kegiatan angklung  merupakan kegiatan ekstra yang rutin dilaksanakan tiap hari Jumat setelah KBM jam 10:30 – 11:30 . Dilaksanakan kelompok A dan kelompok B. Dengan guru pendamping Kelompok A ibu Suwarti dan Ibu Nasirah,” jelas Agustin Purnomo Dewi, S.Pd yang Bersama Bu Kepala Sekola membimbing Kelompok B.

https://www.youtube.com/watch?v=IsibOTfNwlw

Anak-anak, tambah Bu Agustin, terlihat senang dan bahagia bisa ikut lomba dan menang. Setelah kegiatan lomba  anak-anak pun masih antausias dalam kegiatan  ekstra angklung  meskipun dengan iringan lagu berbeda misalnya Gundul Pacul, Cublak Suweng , Kemarin Paman Datang.

“Dengan Ekstra Angklung ini  diharapkan mampu merangsang kecerdasan anak , membantu minat anak untuk belajar , nguri-uri musik tradisional,  memperkenalkan budaya lokal pada anak anak usia dini. Selain itu, menciptakan sikap perilaku kedisiplinan, sikap percaya diri dan kerjasama kekompakan dalam kegiatan dalam kelompok,” tutur Bu Agustin.

Menjadi TK tertua di Kawasan Kulur, Kapenewon Temon, TK Pertiwi Ekokapti tak berhenti mengejar prestasi. Sekolah yang dibangun atas kepdulian tokoh masyarakat dan para pemuka warga ini, usianya sudah hamper setengah abad. Itu yang membuat TK Pertiwi Ekokpati Kulur, menjadi rujukan para orangtua untuk memasukan anak-anaknya sekolah.(adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.