Home / PMD / Hujan lebat akibatkan rumah Mbah Suroto Kulur Temon amblek

Hujan lebat akibatkan rumah Mbah Suroto Kulur Temon amblek

Temon, Kabarno.com – Rumah milik Mbah Suroto 66 tahun warga Kaligayam, Kalurahan Kulur, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo pada Kamis,10 Desember 2020 sekitar pukul 23.30 wib amblek disamping sudah rapuh juga diakibatkan diguyur hujan dari sore hingga malam.

“Kawontenan sonten dumugi dalu jawah sanget, lajeng kula nembe jagongan wonten griya ngertos ngertos krungu suwanten krethek krethek bruk mekaten,” dikatakan Mbah Suroto saat ditemui Kabarno.com di Kaligayam Kulur Jum’at, 11 Desember 2020.

Pengakuan Mbah Suroto rumah tersebut suda kayu belandar ada yang keropos, dan kebetulan ada hujan yang cukup deras sehingga atap dan sebagian tembok tidak kuat menyangga derasnya air hujan sehingga terjadi runtuh.

Sementara Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kulon Progo mendapat laporan dari warga memerintahkan TRC BPBD untuk segera melakukan tindakan assesmen.

“Ya kami segera lakukan asesmen kepada Mbah Suroto untuk sementara diharapkan untuk bertempat tinggal ditempat yang lebih aman,” jelas Edi.

Kapolsek Temon Kompol Riyono selaku Satgas Kampung Tangguh Nusantara Menorah Report System Kulo Siaga melalui Babinsa Bhabinkamtibmas membenarkan telah terjadi Rumah runtuh milik Mbah Suroto warga Kaligayam, Kulur, Temon, Kulon Progo.

Akibat kejadian ini Mbah Suroto mengalami kerugian ditafsir kurang lebih Rp 5 juta. Barang barang yang rusak diantaranya gerabah, alat sound system dan barang barang lainnya.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Di Purwosari Girimulyo Kulon Progo empat rumah terancam longsor

Girimulyo, Kabarno.com – Tanah longsor terjadi pada Selasa, 12 Januari 2021 sekitar pukul 22.00 wib …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *