Home / PMD / Hiu terdampar di Pantai Glagah jadi tontonan

Hiu terdampar di Pantai Glagah jadi tontonan

Temon, Kabarno.com – Pengunjung dan warga Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo pada Minggu, 23 Februari 2020 sekitar pukul 15.30 wib melihat dengan jelas binatang yang cukup besar terdampar di Pantai Glagah.

“Pemancing melaporkan melihat hiu yang besar terdampar di Pantai Glagah tepatnya 100 meter dari pemecah gelombang, setelah kita datangi dilokasi terdamparnya hiu tersebut sudah kembali ke laut,” kata Koordinator SRI Wilayah V Pantai Glagah, Aris Widiatmoko.

Aris menambahkan hiu terdampar diperkirakan dengan berat kurang lebih 300 kg panjang antara 300 centi meter hingga 400 centi meter, dengan terdamparnya hiu ini sudah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

Sementara Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY Untung Suripto mengatakan tetkait hiu paus ( Rhincodon typus ) di Pantai Glagah, Temon Kulon Progo, hiu paus merupakan mamalia laut ( cetacea ) yang sudah dilindungi oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/KEPMENKP/2013.

Penyebab terdampar hiu paus bisa karena alam ( gelombang besar, polusi sehingga hiu paus mencari makan sampai jauh ke dekat pantai ) atau bisa juga karena gangguan dari aktifitas manusia.

“Satu misal karena sinar kapal atau percobaan bom/nuklir di laut sehingga navigasi hiu paus terganggu,” jelas Untung.

Untung berharap masyarakat yang menjumpai hiu paus terdampar atau terkena jaring, jika masih dalam kondisi hidup segera dibantu agar kembali ke laut.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Gugus tugas penanganan Covid-19 Kalurahan Gulurejo Lendah bantu warga terkonfirmasi Covid-19

Lendah, Kabarno.com – Babinsa Bhabinkamtibmas bersama satgas penanganan Covid-19 Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *