Home / PMD / Fajar Gegana : Kulon Progo Satu satunya Kabupaten Memiliki Dawet Pakai Sambel

Fajar Gegana : Kulon Progo Satu satunya Kabupaten Memiliki Dawet Pakai Sambel

Wates, Kabarno.com – Dawet biasa di jumpai sebagai minuman segar yang disajikan dingin. Di Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, bisa dijumpai dawet yang berbeda, yakni Dawet Sambel.

“Dawet sambel itu cendol, atau dawet pakai sambel, cuma tidak memakai santan, pemanisnya tetap memakai gula jawa,” kata Fajar Gegana saat ditemui disalah satu tempat di Girimulyo, Kamis, 2 September 2021.

Menurut Fajar sambalnya, terbuat dari kelapa yang diiris-iris, digoreng kemudian ditumbuk dan diberi cabai, mirip sambal pecel. Dulunya pencetus Dawet Sambel, jualan pecel sama dawet. Tapi karena pecelnya habis terus, dan dawetnya masih ada, ada pembeli pingin makan dawet, tapi nggak pakai santan, tapi malah dikasih sambel pecel, dirasakan enak, akhirnya semakin ke sini malah jadi tradisi makan dawet pakai sambel.

Fajar lebih lanjut bercerita, kuliner ini dicetuskan sudah lebih dari 70 tahun lalu. Pada tahun 2019, Dawet sambel dinobatkan oleh Kemendikbud sebagai salah satu warisan budaya takbenda. Di Kalurahan Jatimulyo, kuliner ini dijual di tempat wisata, dan di warung pinggir jalan.

Kuliner ini memiliki perpaduan tiga rasa, pedas, manis dan gurih. Tiga rasa yang dicampur dalam satu mangkok ini mengandung filosofi tersendiri, yakni bahwa masyarakat di Jatimulyo merupakan masyarakat majemuk yang bisa menerima wisatawan tanpa membeda-bedakan suku, ras, maupun agama.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Tekan Penyebaran Virus Corona Polsek Girimulyo Blusukan Diberbagai Tempat

Girimulyo, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Girimulyo, Polres Kulon Progo guna menekan penyebaran virus Corona …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *