Home / PMD / Ditutup Selama Pembangunan Bandara NYIA, Portal Jalan Daendels Dibuka Jelang Lebaran

Ditutup Selama Pembangunan Bandara NYIA, Portal Jalan Daendels Dibuka Jelang Lebaran

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, Brigjen Polisi Ahmad Dofiri, memberi penegasan soal Jalan Daendels yang akan segera dibuka. Menurutnya,  portal JJLS, atau jalan Daendeles yang selama ini ditutup untuk keperluan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport, rencananya menjelang hari raya Idul Fitri.

“Benar. Kita akan buka nantinya, jelang lebaran. Apabila jalur utama terlalu menumpuk, yang jelas untuk mengurangi kemacetan di jalan utama,” jelas Dofiri

Lewat kesepakatan bersama, keputusan diambil untuk membuka portal JJLS karena pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).  Semua, menurut Kapolda DIY, telah dibahas dan disepakati bersama dalam rapat bersama Forkompinda.

Tentang penerangan jalan yang masih minim, Brigjen Dofiri menyebut hal itu akan diantisipasi bersama, salah satunya oleh Pemerintah Daerah. Sehingga, pada Lebaran nanti, tidak lagi terlalu gelap.

Menjelang arus mudik dan balik Idul Fitri 2018,  ada empat jalur utama di seluruh DIY yang menjadi fokus perhatian. Dari empat jalur itu, yang paling banyak perhatian adalah jalur wisata. Tujuannya agar tidak terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan. Karena Jogja adalah tujuan wisata, setelah Lebaran dimungkinkan masih ada  orang ke Jogjakarta.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Kulon Progo, Hera Suwanto, berdasarkan rapat bersama Forkompinda, pada saat arus mudik dan balik Idulfitri 2018 diperkirakan terjadi penumpukan kendaraan pada Jalan Nasional. Sehingga, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kulonprogo akan mengajukan dibukanya portal Jalan Daendels secara situasional.

Meski masih wacana, sehingga  belum memiliki surat resmi sebagai landasan penerapannya, Dishub mendukung rencana tersebut. Sebab, dengan demikian ada jalan alternatif bagi pengendara untuk menghindari adanya penumpukan kendaraan di jalur utama. (yad)

About redaksi

Check Also

GKPy ndandani daleme Lek Sriyono Sanggrahan Kidul, Bendungan, Wates

Wates, Kabarno.com – Kepedulian Komunitas Generasi Kulon Progo Yogyakarta (GKPy) mulai terlihat. Rumah milik Lek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *