Home / PMD / Di Pengasih : Warga kurang mampu terdampak Covid ikuti Padat Karya

Di Pengasih : Warga kurang mampu terdampak Covid ikuti Padat Karya

Pengasih, Kabarno.com – Gotong royong bangun desa masih terlihat di sejumlah Pedukuhan di Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ini mengunakan tenaga manusia dengan jumlah yang banyak, dan tujuan padat karya di tahun 2020 ini untuk membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga kurang mampu akibat terdampak wabah covid-19,” ujar Pancar Topo Driyo anggota DPRD Kulon Progo Minggu, 8 November 2020 di Pengasih.

Menurutnya mereka dikarenakan kehilangan mata pencaharian serta menurunnya penghasilan yang dirasakan sudah 9 bulan. Sejak virus korona ditemukan di Indonesia. Program padat karya tahun 2020 ini merupakan program Pemerintah dengan sumber dana dari dana hibah APBD 2020 melalui aspirasi DPRD.

Padat karya untuk Kalurahan Pengasih melalui aspirasi anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo Pancar Topo Driyo.SE, dari fraksi PDI Perjuangan tersebar di 6 Pedukuhan yang ada di Kalurahan Pengasih.

Adapun Pedukuhan yang memperoleh dana hibah aspirasi DPRD yaitu, Pedukuhan Serut, Pedukuhan Pengasih, Pedukuhan Kepek, Pedukuhan Klampis dan Pedukuhan Terbah.

Sementara Indarto Ketua LPMK Pengasih mengatakan kegiatan padat karya ini diampu oleh LPMK Pengasih sebagai lembaga tehnis di tingkat Kalurahan. Sekaligus nantinya perguliran keuangan dan segala bentuk laporan kegiatan akan dibuat oleh LPMK Pengasih.

“Kegiatan Padat Karya di Kalurahan Pengasih berbentuk cor jalan, talud atau bangket dan drainase masing – masing Pedukuhan berbeda beda,”

Dari hasil monitoring dan evaluasi ternyata anemo masyarakat sangat luar biasa, walupun prosentase kegiatan 60 persen untuk tenaga kerja dan 40 persen untuk material tetapi rata rata volume yang dikerjakan lebih besar dari perhitungan perencanaan dan kuwalitas pekerjaan juga bagus.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Kaposek Panjatan Ajak Warga Masyarakat Taati Prokes

Panjatan, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Panjatan Polres Kulon Progo selaku satgas KTNMRSKS dan Penanganan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *