Home / PMD / Di Pengasih banyak spanduk himbauan berbagai cara lawan Covid-19

Di Pengasih banyak spanduk himbauan berbagai cara lawan Covid-19

Pengasih, Kabarno.com – Sejumlah spanduk berada di gang gang masuk sejumlah Kalurahan di Kulon Progo, pantauan Kabarno.com spanduk yang menarik perhatian dan cara melawan Covid-19 berada di Kalurahan Margosari, yakni di Pedukuhan Karang Tengah Kidul, Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

“Spanduk yang terpampang itu di bikin warga, dan sifatnya himbauan, yang bertujuan untuk melawan penyebaran Covid-19,” kata Dukuh Karang Tengah Kidul, Puryono pada Media Senin, 30 Maret 2020.

Pak Dukuh menambahkan di Pedukuhan Karang Tengah Kidul seminggu ini sudah kedatangan 12 tamu dari berbagai kota yang terjangkit Covid-19, menurutnya ke 12 tamu tersebut sudah melapor dan memeriksakan ke Puskesmas Pengasih 2, dan disarankan untuk mengisolasi mandiri selam 14 hari.

Sementara Pancar Topo Driyo anggota DPRD Kulon Progo perwakilan Kokap – Pengasih mengatakan memang susah utk mengartikan Lock Down, menutup akses jalan umum, dengan membuat portal dan mobil motor tidak bisa masuk, tanpa penjagaan.

“Kalau tujuannya adalah tindakan preventif pencegahan penyebaran virus Corona, sangatlah didukung, tetapi harus dijaga penutupan jalan secara profesional dengan mengunakan APD,” jelasnya

Tidak hanya itu, kepada setiap pengguna jalan diberlakukan pencatatan dan pemeriksaan kesehatan, wajib cuci tangan, dibersihkan dengan disinfectan serta pengukuran suhu tubuh.
Bagi yang sehat tetap diperbolehkan lewat, sedangkan yang tidak memenuhi standart direkomendasikan atau dirujuk ke Puskesmas atau RS.

Lockdown model Penutupan akses jalan tanpa penjagaan dan pemeriksaan kesehatan maka hanya akan menambah kepanikan dan menganggu aktivitas ekonomi, untuk himbauan menutup jalan umum baiknya meminta ijin kepada petugas berwenang.

“Kalau himbauan himbauan lewat sepanduk kami apresiasi, karena merupakan wujud dari perang melawan Covid-19,” tambah Pancar.

Menurut Pancar yang terpenting social distancing, hindari kerumunan, mengisolasi diri dirumah dan hidup sehat dengan mencuci tangan setelah beraktifitas, istirahat yang cukup, makan bergizi dan olahraga.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

BPK Kalurahan Kulur Temon bentuk Pilur

Temon, Kabarno.com – Pemilihan Lurah serentak Kabupaten Kulon Progo direncanakan pada bulan September 2021. Oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *