Dengan Sigap Petugas Jasa Raharja Samsat Bantul makin Sigap

oleh -105 Dilihat
oleh

Bantul, KABARNO – Jasa Raharja bersama Tim Pembina Samsat, kini hadir dengan program Samsat Initiative for Growth Achievement (Sigap). Ini merupakan usaha untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Dan, pada Kamis, 6 November 2023, Dian Rahmasari yang merupakan petugas PT Jasa Raharja di Samsat Outlet BPD Piyungan, melakukan kunjungan kepada salah satu pemilik kendaraan umum yang telah terdata Kantor Samsat.

Dalam data Samsat, pemilik kendaraan umum ini, belum membayarkan PKB, SWDKLLJ dan melaksanakan pengesahan regident tahunan.  Dengan Program Samsat Initiative for Growth Achievement atau Sigap, dapat mengurangi tingkat tunggakan pajak kendaraan yang memasuki jatuh tempo.

Pada kunjungannya, selain melakukan penagihan, petugas juga memberikan edukasi kepada wajib pajak, karena selain berkontribusi membangun daerah melalui pembayaran PKB, masyarakat juga mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dari PT Jasa Raharja.

Perlindungan tersebut digunakan apabila masyarakat mengalami kecelakaan. Sesuai Undang-undang, Jasa Raharja memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas jalan dengan menanggung biaya perawatan rumah sakit sampai hingga Rp20 juta.

Dengan perlindungan itu, masyarakat tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan ketika anggota keluarganya mengalami kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan penumpang umum.

“Biaya perawatan tersebut diberikan bagi korban kecelakaan yang mengalami musibah kecelakaan di darat dan laut sebesar 20 juta. Sedangkan biaya perawatan bagi korban kecelakaan moda angkutan udara sebesar Rp 25 juta, Sesuai PMK Nomor 15 dan 16 tahun 2017,” jelas Dian.

Sementara itu untuk biaya perawatan tersebut tidak berlaku bagi korban yang mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal, karena Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) tersebut sifatnya bukan untuk perlindungan diri sendiri melainkan untuk korban yang terlibat kendaraan pihak pertama.

“Yang paling penting, ketika ingin melulai perjalanan dicek kembali kondisi keadaan kendaraan dan surat-surat yang wajib dibawa saat berkendaraan dan berdoa sebelum berkendaraan,” kata Dian Rahmasari.(hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.