Home / PMD / Bhabinkamtibmas Margosari Pengasih dukung warga gawe kurungan manuk

Bhabinkamtibmas Margosari Pengasih dukung warga gawe kurungan manuk

Pengasih, Kabarno.com – Di Pedukuhan Kalipetir Lor, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ada warga yang setiap harinya membikin kandang burung (kurungan manuk). Ari Andrianto alias Dalidjo bersama keluarga menekuni profesinya sebagai perajin sangkar burung.

“Kula wiwit damel kurungan manuk tahun 2010 dumugi sepriki, saben wulanipun kirang langkung 20 kurungan manuk yih pajeng,” kata Dalijo saat di temui dirumahnya beberapa hari lalu.

Dimasa pandemi ini kebanjiran pesanan. Jumlah itu naik dua kali lipat dibanding sebelum pandemi melanda.

“Alhamdulillah masa pandemi ini jumlah pemesan lumayan kathah, 10 dumugi 15 piyantun,” tambahnya.

Dalidjo menjual sangkar burung dalam dua wujud. Pertama ia menyebutnya sangkar mentahan. Sangkar ini sebenarnya sudah jadi dan bisa digunakan tetapi belum diplitur dan diwarnai sehingga disebut sangkar mentah. Harga tipe ini dipatok sekitar Rp45.000 sampai dengan Rp200.000 tergantung ukuran dan kerumitan pembuatan.

Jenis kedua adalah sangkar jadi yang sudah dipoles dan diwarnai. Untuk jenis ini dihargai paling murah Rp200.000 sampai dengan Rp350.000. “Yang bikin mahal pewarnaannya, kalau pemesan ingin warna natural harganya Rp200.000, dan kalau mau warna-warni lain bisa sampai Rp350.000,-.

Sementara itu Aipda Sunu Prasetya Jati, Bhabinkamtibmas Kalurahan Margosari, mengatakan pada masa pandemi seperti ini, banyak UMKM di Kulon Progo yang terpuruk. Penghasilan mereka menurun drastis sehingga membutuhkan bantuan tidak hanya modal tapi juga motivasi. Pemberian motivasi dilakukan agar UMKM tetap bisa bertahan.

“Ini dilakukan sebagai upaya membangkitkan semangat UMKM di Margosari di masa pandemi Covid-19,”.

Di samping memotivasi, Sunu juga secara langsung menjadi iklan berjalan bagi usaha milik Dalidjo.

“Kebetulan kan saya juga pecinta burung jadi sering ketemu dengan sesama pecinta burung, nah momen seperti itu biasa saya manfaatkan untuk mengabarkan teman-teman kalau di Margosari ada pembuat sangkar burung bagus, dari situlah ada yang berminat beli, ada juga yang sekadar servis sangkar karena di tempat Dalidjo juga menyediakan jasa tersebut,” kata Sunu.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Kembali, di Kokap terjadi kebakaran, satu dapur ludes

Kokap, Kabarno.com – Belum lama terjadi kebakaran di wilayah Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *