Home / PMD / Baritan tradisi warga Ponces Purwosari Girimulyo songsong New Normal

Baritan tradisi warga Ponces Purwosari Girimulyo songsong New Normal

Girimulyo, Kabarno.com – Dalam rangka nguri-uri budaya luhur nenek moyang dan menyongsong New Normal, warga Kedungromo Ponces Purwosari Girimulyo Kulon Progo pada Jum’at Kliwon, 3 Juli 2020 pukul 06.00 wib menggelar tradisi Baritan.

“Setelah panen kami bersama warga masyarakat di lingkungan Kedungromo Ponces Purwosari Girimulyo mengadakan kegiatan baritan ketupat atau makan ketupat bersama warga masyarakat,” dikatakan salah satu warga setempat Sri Mulyadi kepada Kabarno.com Jum’at, 3 Juli 2020.

Menurutnya hal ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, atas pemberian limpahan rejeki kepada warga sebagai umatnya. Dengan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta Insya Allah rejeki yang diterima akan menjadi berkah dan dilipat gandakan lagi rejekinya.

Sementara Pj Lurah Purwosari Ngatija mengatakan, Baritan atau kembul kupat salah satu adat tradisi peninggalan nenek moyang bagi warga masyarakat di Purwosari Girimulyo Kulon Progo, tradisi ini tidak luput dari wujud syukur warga masyarakat yang telah memanen padinya.

“Tradisi Baritan atau kembul kupat ini sudah turun temurun, dan biasanya pelaksanaannya mengambil hari Selasa Kliwon atau Jum’at Kliwon,” tambah Pj Lurah.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Polsek Lendah Datangi Orang Hajatan

Lendah, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Lendah Polres Kulon Progo bersama Jajaran Koramil Lendah melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *