Home / PMD / ZCD BAZNAS PUSAT Bantu Itik Senilai Rp 1,4 M

ZCD BAZNAS PUSAT Bantu Itik Senilai Rp 1,4 M

Seratusan Warga di wilayah Panjatan Kabupaten Kulon Progo mendapat perhatian khusu dari Zakat Community Development Badan Amil Zakat Nasional (ZCD Baznas) Pusat bekerja sama dengan Baznas DIY dan Baznas Kabupaten Kulon Progo memberikan bantuan sebanyak 10.000 ekor itik (bebek) atau senilai Rp 1.492.540.000.

“Iitik atau bebek ini diperuntukan¬† 100 warga di Panjatan, masing masing memdapat 100 itik, selain itu juga mendapar subsidi pakan selama 2 bulan dan bantuan pembuatan kandang sebanyak Rp 500 ribu.” kata H. Jumanto SH Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulon Progo.

Launching ZCD Program Budidaya Itik Petelur dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulon Progo H Jumanto SH didampingi Eka Budhi Sulistyo Kepala Perekonomian Baznas Pusat, H Agus Sunarto Baznas DIY, dan Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid, serta lainnya, di aula Balai Desa Depok Kecamatan Panjatan.

Setelah launching dilanjutkan dengan pelatihan terkait itik, yang diikuti para penerima bantuan, dengan narasumber dari Baznas Pusat, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dan praktisi peternak itik. Eka Budhi Sulistyo dari Baznas Pusat mengatakan  kegiatan ZCD dapat berlangsung di Kecamatan Panjatan.

“Ini bukan bantuan biasa, tetapi bantuan luar biasa. Karena bantuan ini hadir dari para muzaki, orang-orang yang membayar zakat,” ujarnya.

Eka budhi berharap penerima bantuan bisa merawat itik dengan baik dan bisa bertelur, serta semoga bisa menjadi pemula untuk pengembangan perekonomian di Kecamatan Panjatan.

Sementara Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid, kegiatan ini merupakan pelaksanaan UU 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Ini merupakan tindak lanjut dari Baznas Pusat terkait dengan Zakat Community Development tentang bantuan pemberdayaan masyarakat untuk memelihara itik petelur di Kecamatan Panjatan.

“Tujuan pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya yang menerima manfaat bantuan ini, selain itu untuk membantu mengurangi kemiskinan, di wilayah Kabupaten Kulonprogo, khususnya Kecamatan Panjatan.”

Asisten I Setda H Jumanto SH menyambut baik adanya pemberdayaan masyarakat melalui bantuan itik ini. Program ZCD ini memiliki beberapa prinsip yaitu, berbasis komunitas, syariah, Islam, partisipasi, kemanfaatan, kesinambungan dan sinergi. Diharapkan kedepan para penerima manfaat, Mustahik ini dapat sejahtera dan mandiri, sehingga bisa menjadi Muzaki atau pemberi. (yad)

About redaksi

Check Also

Hari ini 8 Warga Galur lakukan tes swab

Galur, Kabarno.com – Setidaknya ada delapan warga Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *