Home / PMD / Warga Turusan Ngumpul Dhahar Kembul ing Kali Khayangan

Warga Turusan Ngumpul Dhahar Kembul ing Kali Khayangan

Hari Ahad, 19 Agustus 2018, ratusan warga berkumpul di tepi sungai Khayangan. Semua mengikuti kenduri, kembul merti dusun sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke 73 Republik Indonesia.

Momentum itu, juga bertepatan dengan pasaran Legi, yang biasa ditempat itu ada penyelenggaraan pasar Nini Thowok Minggu Legen. Jadilah suasana semakin meriah.

“Adad saben menawi ngawontenake merti dusun mapan ing pedukuhan. Ananging kawiwitan tahun meniko mapan sak pinggire lepen Khayangan, ngiras pantes ngregengaken Pasar Minggu Legen,” kata Hartoyo, Kepala Dukuh Turusan.

Kembul Merti Dusun merupakan acara tradisi tahunan oleh warga Turusan Pendoworejo Girimulyo Kulon Progo. Tradisi ini berlangsung sejak nenek moyang dan sekarang tinggal melestarikan. Warga Dusun Turusan Pendoworejo Girimulyo bersyukur atas rejeki yang diberikan, untuk itu warga bermaksud memberi sodaqoh kepada siapa saja yang berada di tempat itu diajak makan bersama sama.

Kepala Desa Pendoworejo, Girimulyo menuturkan ratusan warga Turusan sudah sejak lama  menyelenggarakan kembul merti dusun. Hanya saja tempatnya biar tambah regeng di sungai Khayangan, bebarengan dengan pasar Minggu Legen. “Acara tradisi ini dilaksanakan sehabis panen kedua,” katanya. (yad)

About redaksi

Check Also

Delapan pelanggar protokol kesehatan terjaring operasi yustisi di Nanggulan Kulon Progo

Nanggulan, Kabarno.com – Operasi yustisi yang di gelar di sejumlah wilayah di Kabupaten Kulon Progo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *