Home / PMD / Tari Ndolalak Purworejo Penyaji Terbaik Dalam Parade Budaya Perbatasan 2022

Tari Ndolalak Purworejo Penyaji Terbaik Dalam Parade Budaya Perbatasan 2022

<span;>Kalibawang, Kabarno.com Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, selama dua hari pada tanggal 26 – 27 November 2022 menggelar Parade Budaya Perbatasan dalam rangka memperkuat budaya daerah ini, utamanya yang berada di daerah perbatasan.

<span;>Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Niken Probolaras  mengatakan seni tradisional kerakyatan adalah seni yang lahir dan berkembang di daerah-daerah seluruh Kabupaten Kulon Progo, termasuk daerah-daerah perbatasan.

<span;>”Kami punya filosofi bahwa desa sebagai benteng peradaban karena di sana tersimpan nilai-nilai budaya yang perlu diangkat,’ kata Niken.

<span;>Ia mengatakan pihaknya mendapat masukan dari masyarakat, bahwa selama ini pengembangan budaya jangan hanya terpusat di wilayah perkotaan, mengingat kesenian budaya di daerah ini sangat beragam dengan ciri dan potensi masing-masing.

<span;>Menurut dia, penguatan budaya perbatasan harus dilakukan karena selama ini tidak sedikit seni budaya khas Kulon Progo justru lahir di daerah perbatasan.

<span;>Pelaksanaan Parade Budaya Perbatasan di Gerbang Samodera Raksa Klangon Banjaroho Kalibawang, dan parade budaya perbatasan ini menitikberatkan pada pengembangan potensi perbatasan.
<span;>Selama dua hari dilaksanakan parade budaya perbatasan dan diperoleh <span;>Penyaji Terbaik I diperoleh Tari Ndolalak dari Purworejo, Penyaji Terbaik II <span;>Tari Topeng Ireng dari <span;>Kabupaten Magelang, Penyaji Terbaik III <span;>Tari Kubrosiswo dari K<span;>abupaten Kulon Progo, Penyaji Terbaik IV Tari Jathilan dari Kabupaten Kulon Progo dan Penyaji Terbaik V  Tari Reog Wayang dari Kabupaten Bantul.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Kanwil Kemenag DIY Kirim 20 Peserta PKPAI Ke Jakarta

Yogyakarta, Kabarno.com – Kantor Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan peserta dalam Pembinaan Kompetensi Penyiar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *