Home / KANGBARNO / Sedelo Engkas, Puncak HUT Kulon Progo Diwiwiti

Sedelo Engkas, Puncak HUT Kulon Progo Diwiwiti

Sudah tengah hari. Suasana Alun-alun Wates (Alwa) berangsur meriah. Di tengah lapangan sudah berdiri panggung besar. Sementara di sisi utaranya ada tratap undangan.

Hari ini, 15 Oktober 2018, Ibukota Kabupaten Kulon Progo itu memang sedang dalam suasana gayeng. Nanti menjelang jam tiga sore, akan ada upacara Puncak Perayaan HUT Kulon Progo ke-67 tahun.

Peserta upacara memang belum terlihat, tapi orang-orang yang bersurjan lengkap tampak di banyak tempat di setiap sudut Alwa. Sementara yang sudah mulai bersiap adalah wanita-wanita yang merias diri. Ada yang berkaos hijau daun, tapi lebih banyak yang sudah mengenakan pakaian panggung: pakaian angguk.

Benar. Para penari angguk itu, memang akan tampil dalam perayaan puncak sore ini. Jumlahnya juga sangat kokosal, 1.000 penari. Mereka datang dari berbagai daerah di seluruh Kulon Progo. Penampilan seribu angguk ini, menjadi bagian dari rangkaian panjang perayaan HUT Kabupaten Kulon Progo.

Seperti diketahui rangkaian acara perayaan HUT Kulon Progo sudah dimulai sejak pekan pertama bulan ini. Setiap hari, berbagai kegiatan digelar hingga menjelang akhir bulan. Selama hampir satu bulan penuh, banyak agenda menarik disuguhkan. Misalnya saja Menoreh Carnival atau Carnival Dance Sabtu dan Ahad kemarin.(kib)

About redaksi

Check Also

Cungkup Makam Kiai Sorokusumo Mbanaran Rusak

Cungkup itu, terlihat tua. Bangunannya dengan jelas mengabarkan kerentaan: pendek, kusam karena lumut, genteng jadul, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *