Home / PMD / Saparan ing Pring Larangan

Saparan ing Pring Larangan

Kokap, Kabarno.com – Ratusan Waraga tua muda berbondong bondong membawa ubarampe yang sudah dikemas di satu wadah ( tenong ) dibawa ke suatu tempat yang biasa warga setempat mengatakan Pring Larangan, di Pedukuhan Teganing III, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo,di katakan Sabarno Kepala Desa Hargotirto Kokap Kulon Progo kepada Kabarno.com di sela sela acara Saparam Rabu, 16 Oktober 2019.

” Kurang lebih 200 orang warga Pedukuhan Teganing III, melangsungkan tradisi saparan meski secara sederhana, warga membawa ubarampe dan setelah didoakam oleh kaum rois setempat warga melakukan kembul bareng.”

Pak Kades menambahkan peserta kenduri dengan mengenakan busana adat Jawa, mereka membawa tenong berisi nasi gurih dan ingkung dan berdoa bersama-sama mengucap syukur serta memanjatkan doa memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk tahun ke depan.

Camat Kokap Sadikan SPd M.Pd. menyampaikan apresiasi kepada warga Teganing III, dan utamanya Pemerintah Desa Hargotirto yang telah nguri uri adat tradisi yang berlangsung selama ini yakni tradisi saparan, meski dengan sederhana pelaksanaannya yang terpenting kerukunan dan melestarikan adat tradisi. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Jasa Raharja Santuni Korban Laka Lantas Jalan Magelang Murangan Sleman Yogyakarta.

Sleman, Kabarno.com – PT. Jasa Raharja Cabang D.I Yogyakarta melalui Kantor Pelayanan Jasa Raharja Sleman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *