Home / PMD / Sanggar Semusim Mainkan Dolanan Bocah

Sanggar Semusim Mainkan Dolanan Bocah

Tempatnya di ruas jalan Jogoyudan Wates, Kulon Progo. Kemarin, Senin, 30 Juli 2018, Sanggar Seni Musik Tari dan Merias (Semusim) Wates menggelar seni unggulan. Inilah untuk yang kesekian kalinya, sanggar berusia 13 tahun ini, berkreasi.

“Sanggar Semusim berdiri tahun 2005, dari awal berdiri Sanggar Semusim tiap tahunnya selalu menampilkan kreasi yang kreatif,” kata Sunarsih, Pengelola Sanggar Semusim yang memang dikenal sebagai gudangnya seniman-seniman kreatif.

Dalam pementasannya kemarin, tambah Sunarsih, tari-tarian yang dimainkan diselingi lagu-lagu dolanan anak seperti cublak cublak suweng, sluku sluku bathok, jamuran dan lainnya. Semua itu bertujuan mengenang permainan zaman dulu. Saat ini permainan atau dolanan itu hampir punah, sehingga Sanggar Semusim berusaha mengenang sekaligus melesarikan dolanan bocah.

Sementara itu, menurut Ketua Dewan Kebudayaan Kulon Progo Drs. Sudarto, di Kabupaten Kulon Progo memang banyak sanggar yang masih perlu diperhatikan. Sebab dari sanggar-sanggar yang ada akan terdidik keluwesan, sopan-santun, dan selalu ingat tradisi nenek moyang.

Pagelaran seni unggulan Kabupaten Kulon Progo yang diselenggarakan Sanggar Semusim, ditandai dengan penyerahan tokoh wayang Semar. Dilakukan oleh Ketua Dewan Kebudayaan Kulon Progo Drs. Sudarto kepada Ki Dalang Gebes Taat Sumbogo. Dan, malam itu, wayangan semalam suntuk, memainkan lakon Wahyu Tejomoyo.(yad)

About redaksi

Check Also

Delapan pelanggar protokol kesehatan terjaring operasi yustisi di Nanggulan Kulon Progo

Nanggulan, Kabarno.com – Operasi yustisi yang di gelar di sejumlah wilayah di Kabupaten Kulon Progo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *