Home / PMD / Pramuka Didikan Kodim 0731/Kulon Progo Lakukan Persami

Pramuka Didikan Kodim 0731/Kulon Progo Lakukan Persami

Bertempat di bumi perkemahan Secang, Sedangsari, Pengasih, Kulon Progo, digelar perkemahan Sabtu-Minggu oleh Saka Wira Kartika Kodim 0731/Kulon Progo.

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan Pramuka bagi para pelajar setingkat SLTA yang dibentuk oleh TNI, sebagai pelaksana pembinaan di wilayah, dilaksanakan oleh Kodim 0731/ Kulon Progo, Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur serta menjadi Warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila.

Upacara Pembukaan Persami diawali  di Halaman Makodim 0731/Kulon Progo, selaku Inspektur Upacara Letkol Inf Dodit Susanto, A. Md., Dandim 0731/Kulon Progo. Dalam amanatnya  mengatakan bahwa upaya pembinaan dan pembekalan terhadap Saka Wira Kartika melalui kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu adalah sangat tepat, dimana saat ini merupakan era globalisasi yang semua pengaruh positif maupun negatif dapat diakses langsung melalui teknologi dan informasi.

Selesai upacara Pembukaan Anggota Saka Wira Kartika diberangkatkan menuju Bumi Perkemahan Secang, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, mereka dilatih Lima Krida yang diajarkan dalam pembinaan Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mounteneering, Krida Pioneering, Krida Penanggulangan Bencana Alam dan Krida Survival.

Dengan mengetahui lima krida tersebut diharapkan mereka memiliki keterampilan dan mampu melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu kegiatan Persami Saka Wira Kartika merupakan salah satu implementasi dan upaya konkret dari TNI dalam memberdayakan wilayah pertahanan dengan kegiatan kepramukaan.

Pada Hari Minggu tanggal 14 Oktober 2018, Persami Saka Wira Kartika selesai dilaksanakan dan diakhiri dengan Upacara Penutupan, selaku Inspektur Upacara Kapten Inf Sumarjan Danramil 01/Wates.
Pada kesempatan ini dilaksanakan pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika baru yang ditandai dengan acara tradisi berupa cium bendera dan penyiraman air kembang kepada seluruh anggota yang baru tersebut.(yad)

About redaksi

Check Also

Tim OGPPK jaring puluhan pelanggar protokol kesehatan

Temon, Kabarno.com – Menindak lanjuti Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 44 Tahun 2020.Tentang Pedoman Tatanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *