Home / PMD / Pengetan 72 tahun adeging Desa Demangrejo Sentolo

Pengetan 72 tahun adeging Desa Demangrejo Sentolo

Sentolo, Kabarno.com – Sebelum adanya penggabungan menjadi Desa Demangrejo pada tahun 1947, yaitu Kelurahan Demangan dan Kelurahan Bonoharjo saat itu diperintah du pimpinan, setelah ingkang Sinuwun HB IX meminta wilayah wilayah yang ada di Kasultanan untuk di perkecil keadministrasiannya dan pada tanggal 19 September 1947 dijadikanlah penggabungan menjadi Desa Demangrejo, dikatakan Gunawan Kepala Desa Demangrejo disela sela acara.

” Rikala semanten saderengipun warso 1947, wonten 2 Kelurahan yih punika Kelurahan Demangan lan Kelurahan Bonoharjo.”

Gunawan menambahkan hari jadi ke 72 dengan dilaksanakan Kirab Budaya yang diikuti 6 Pedukuhan yakni Kenteng, Banaran, Belik, Demangan, Karang Patihan, Klijan dan beberapa sekolah yang ada di wilayah Desa Demangrejo, Kecamatan Sentoli.

Kirab Budaya diawali Bergada Demang Manggala dan diikuti dari masing masing Pedukuhan yang membawa uba rampe hasil bumi dan tenong kenduri, untuk mengenang sejarah Kirab dimulai dari lapangan Bonoharjo Kenteng menuju Balai Desa Demangrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.

Sementara Wruhantoro Kabid Seni Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan menyampaikan selamat hari jadi ke 72 Desa Demangrejo, dan mengapresiasi, kegiatan dalam rangka hari jadi diisi dengan kegiatan yang menurutnya tetap menjunjung adat tradisi jawa yang ada di Desa Demangrejo, Sentolo, seperti Kirab Budaya, dan kegiatan lainnya. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Polsek Wates sosialisasikan KTN di Pedukuhan Trimulyo, Sogan, Wates

Wates, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Wates belum lama ini membentuk Kampung Tangguh Nusantara di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *