Home / PMD / Pedukuhan Kedunggalih Pengasih pensuplai Pisang untuk BPNT

Pedukuhan Kedunggalih Pengasih pensuplai Pisang untuk BPNT

Pengasih, Kabarno.com – Pedukuhan Kedunggalih Kalurahan Pengasih Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo diharapkan menjadi sentra penghasil pisang.

“Pisang yang dapat dikembangkan Kelompok Tani di Pedukuhan Kedunggalih antara lain, pisang raja, pisang kapok ambon dan pisang toklek,” dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugroho Selasa, 28 Juli 2020.

Kelompok Tani Makmur Jaya Kedunggalih ternyata telah mampu membudidayakan tanaman holtikultura pisang, juga mampu memunculkan ide gagasan secara mandiri bukan Dinas yang memberikan sebuah program pembudidayaan tetapi progam ini muncul dari warga masyarakat.

Pancar Topo Driyo anggota DPRD Kulon Progo dari Fraksi PDIP mengatakan Kelompok Tani Makmur jaya ini memiliki anggota 15 Orang yang mempunyai lahan pertanian tegalan seluas kurang lebih 3,4 hektar dengan jumlah pohon pisang sekitar 1300an dan panen Dua bulan kemarin menghasilkan ratusan tundun.

“Pisang tersebut untuk konsumsi pasar bisa dijadikan kripik baik pisang dan batangnya, selain itu juga untuk mendukung ketersediaan buah bagi program Bantuan Pangan Non Tunai,” jelas PTD.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Mbah Jumono warga Ngento Pengasih belasan tahun pembuat peti mati

Pengasih, Kabarno.com – Mbah Jumono 65 tahun warga pedukuhan Ngento, Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *