Home / KANGBARNO / Pak Atok Mantu, Komjantu Menyatu…

Pak Atok Mantu, Komjantu Menyatu…

Mapanipun wonten ing  Gedung Serba Guna Gelanggang Olahraga Jl Pusparaya No 5, Komplek Kartika Pratama, Bojonggede,  Bogor, Jawa Barat. Sabtu Wage,  30 Maret 2019, Bopo Jumanto mantu.

Resepsi pernikahan putra pertamanya,  Rizqi Nur Herdiyanto yang menyunting putri Bogor, Latifah. Suasana penuh kebahagiaan, karena tetamu mengalir dengan segala kegembiraannya, bahkan sejak  upacara akad nikah pada pagi hari  yang khidmat.

Rasa syukur dan terima kasih disampaikan Bopo Jumanto atau yang oleh lingkungan dekatnya dipanggil Pak Atok, terutama kepada tamu undangan. Ugi poro sanak kadang, sederek sedoyo ingkang sampun kerso rawuh lan nyengkuyung daupipun  keng putro Rizqi lan Latifah.

Ada di barisan tamu undangan yang hadir tampak Mas Arif nderekaken keng paman injih meniko Pak Yunani, pinisepuh trah Mbah kaji Saebani nJombokan “Selamat buat Dik Jumanto njih. Semoga Rizqi dan Latifah menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah,” ngendikanipun Mas Arif.

Tamu undangan terus mengalir hingga saiang hari. Terlihat pula para Alumni SMP Negeri Sogan lintas angkatan. Ada Romidi Jamil, Winardi, Kasmidi Wijaya, Sugiyono, Ismiyati. Pak Atok yang juga alumni Sogan setiap berkelakar menyebut dirinya, “kulo alumni SMP Saigon,” katanya.

Momentum yang baik ketika sanak kadang berkumpul, juga dimanfaatkan Romidi Jamil selaku koordinator Komunitas Janturan Satu (Komjantu) Njombokan untuk kumpul-kumpul, bertatap muka dan guyonan. Menurutnya itu penting, karena selama ini, kesibukan membuat semua susah bertemu selain hanya mengobrol secara virtual lewat grup di ponsel.

“Selama ini kita hanya bisa bertemu lewat facebook, di pererat lewat WAG namun dicerai-beraikan lewat kesibukan masing-masing. Sekarang ini kesempatan untuk guyonan dan bernostalgia,” kata Mas Rom.

Suasana menjadi cair penuh kekerabatan. Anggota Komunitas Janturan Satu pun berbaur dengan para  tamu undangan lainnya. Semua terasa gayeng, nyengkuyung mempelai yang diriung semua kerabat.

Seperti diketahui, Komunitas Janturan Satu atau sering disingkat Komjantu adalah wadah bagi perantau yang pernah belajar di SDN Janturan I Jombokan. Ini merupakan sekolah dasar tertua di Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Para alumninya menyebar di banyak kota di Nusantara, terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya.(pur)

About redaksi

Check Also

Hasil Turnamen Sahabat Ngopi Cup, Ini Bibit Bulutangkis Kulon Progo dari Perantauan

Gelaran Turnamen Bulutangkis Sahabat Ngopi II selesai digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu kemarin. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *