Home / PMD / ODGJ di Kalurahan Kulur Temon diajak mandiri

ODGJ di Kalurahan Kulur Temon diajak mandiri

Temon, Kabarno.com – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terbanyak di wilayah Kapanewon Temon , Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yakni di Kalurahan Kulur. Sedikitnya ada 60 lebih menyandang ODGJ.

“Sekitar 60 lebih warga di Kalurahan Kulur dengan status Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), beragam permasalahan yang mereka menyebabkan menjadi terganggu jiwanya,” ujar Sri Pujiyati koordinator Pendamping ODGJ Kalurahan Kulur Kapanewon Temon saat di temui Kabarno.com belum lama ini.

Dari 60 penyandang ODGJ sudah ada 20 ODGJ yang daya pikirnya stabil, dan perlu pendampingan. Ke 20 ODGJ yang didampingi tersebut diajak untuk bercocok tanam, berlatih membatik dan lainnya menurut kemampuan dari mereka.

“Kami ber empat selaku pendamping ODGJ harus telaten dan sabar, sekitar dua minggu lalu kami di bantu Babinsa Bhabinkamtibmas membuat lahan untuk ditanami sayuran dan yang merawat ODGJ yang kami dampingi,” tambah salah satu Pendamping.

Dihubungi terpisah Kapolsek Temon Kompol Riyono mengatakan selaku satgas Kampung Tangguh Nusantara Menoreh Report System Kulo Siaga melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa memang benar.

Bhabinkamtimas dan Babinsa Kalurahan Kulur, Kapanewon Temon mendampingi dan memonitor ODGJ menanam sayuran di lahan yang telah disedikan pihak Kalurahan. Dalam kegiatan tersebut Babinsa Bhabinkamtibmas selalu menghimbau agar tetap mentaati protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Hujan deras semalam akibatkan rumah warga Sambeng Hargorejo Kokap kelongsoran

Kokap, Kabarno.com – Hujan deras terjadi Sabtu, 28 November 2020 sejak sore hingga malam mengakibatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *