Home / KANGBARNO / Nonton Kirab Gunungan nang Sogan

Nonton Kirab Gunungan nang Sogan

Sepanjang pagi hingga petang tadi, masyarakat Desa Sogan, tumpah-ruah di jalan-jalan kampung hingga ke balai desa. Semua bergembira dalam perayaan hari ulang tahun Sogan ke-106 yang repatnya jatuh pada tanggal 22 Oktober 2018, besok.

Tidak hanya warga Sogan yang di Kulon Progo, para perantau Sogan yang berasal Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan kota-kota lain tadi siang banyak yang menjalankan salah satu misi Bakor PKP yaitu bali, tilik ndeso, atau sobo ndeso.

Semua terlihat bagagia bisa ikut merayakan peringatan HUT Desa Sogan ke-106. Jadilah Kirab Budaya dengan mengarak gunungan, bertambah mariah. Kirab berkeliling desa menyusuri lima Pedukuhan yang berjarak 4 km.

Kirab dimulai dari Dusun Jetis dan berakhir di Balai desa Sogan. Setelah sampai Balai Desa gunungan yang berisi hasil pertanian diserahkan ke Pak Kades yang selanjutnya diberikan ke warga untuk diperebutkan dengan cara krubutan.

Setelah peserta kirab istirahat dilanjutkan makan tumpeng bersama yang tiap pedukuhan sudah membawanya sambil menyaksikan pementasan wayang kulit dalang cilik .Acara selesai jam. 17.00 wib.(agus saharjo)

About redaksi

Check Also

Cungkup Makam Kiai Sorokusumo Mbanaran Rusak

Cungkup itu, terlihat tua. Bangunannya dengan jelas mengabarkan kerentaan: pendek, kusam karena lumut, genteng jadul, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *