Home / PMD / Merti Dusun lan Labuhan Imorenggo

Merti Dusun lan Labuhan Imorenggo

Salah satu Pedukuhan yang berada di paling selatan Kabupaten Kulon Progo, yaitu Pedukuhan Imorenggo, Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, hari ini Sabtu, 13 April 2019, menyelenggarakan hajad ageng yang bertajuk Merti Dusan Lan Labuhan, kata Sholikin Kepala Dukuh Imorenggo, kepada Kabarno.com di sela sela acara.

” Ing dinten punika, warga Pedukuhan Imorenggo ngawontenaken kajad ageng, ngiras pantes nguri uri budaya tinggalanipun simbah simbah, iyih punika, Merti Dusun saha Labuhan.”

Merti Dusun dan Labuhan merupakan adat tradisi kawulo Ngayogyokarto Hadiningrat, adat peninggalan nenek moyang, apa bila sehabis panen atau mendapat rejeki berupa wulu wetu dari Tuhan Yang Maha Kuasa, warga Pedukuhan Imorenggo tidak luput menggelar sodaqoh, dengan tidak meninggalkan adat peninggalan simbah simbah.

Bentuk sodaqoh yang di sajikan warga masyarakat Pedukuhan Imorenggo, satu buah gunungan yang berisikan hasil wulu wetu masyarakat pesisir selatan Kulon Progo berupa, terong, kacang panjang, sawi, cabe dan lainnya.

Gunungan yang diusung dari rumah Kepala Dukuh Imorenggo di arak ke pinggir pantai dengan diiringi gending karawitanRinenggo Budayo dan bergodo Paksikaton juga diikuti oleh anggota Koramil Galur, Kepolisian Sektor Galur seta warga Pedukuhan Imorenggo.

Sementara Niken Probolaras, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo mengajak masyarakat Pedukuhan Imorenggo, untuk bangkit kembali, membuka kembali wisata yang sudah ada, seperti acara Merti Dusun dan Labuhan bisa dijadikan wisata adat untuk menambah khasanah wisata di Kabupatan Kulon Progo.

Acara Merti Dusun dan Labuhan ini dihadiri, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Camat, Danramil, Kapolsek Galur, Perangkat Desa Karangsewu serta ratusan warga masyarakat Pedukuhan Imorenggo dan sekitarnya yang ingin menyaksikan acara yang di selenggarakan setahun sekali. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Tim Gugus Tugas penanggulangan Covid-19 Lendah blusukan cegah penyebaran Covid-19

Lendah, Kabarno.com – Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *