Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-13:Ki Langgeng Hidayat, Sang Lurah Dalang

Mengenal Dalang Kebumen-13:Ki Langgeng Hidayat, Sang Lurah Dalang

Penggemar wayang gagrag Banyumas atau pesisiran siapa yang tidak mengenal dalang kondang yang satu ini. Namanya sangat di kenal  tidak hanya di wilayah Kabupaten Kebumen namun juga  pada masyarakat “ngapak” yang tersebar luas di wilayah Indonesia.

Sebagaimana lazimnya pementasan wayang kulit gagrag Banyumas yang terkesan meriah, glamaur dan rancak, demikian juga dengan Ki Langgeng Hidayat yang selalu berusaha menyajikan penampilannya yang terbaik, misal dengan tata panggung dan lighting, garap Gending , ketrampilan Wiyogo dan Waranggono, juga tidak kmtertinggal dengan menampilkan tokoh pelawak kondang seperti Nyi Yati Pesek, mbakayu Ciblek,  Ki Bendot dan lainya hingga membuat penggemarnya akan merasa benar benar puas.

Kemampuan mendalang Ki Langgeng Hidayat tidaklah perlu diragukan lagi karena tumbuh dan berkembang dilingkungan keluarga seniman kondang di kebumen, sebut saja Mbah Dalang Sono, yang sangat kondang pada eranya.

Dapat dikata mendalang sejak usia remaja, bakatnya sudah terlihat sangat menonjol ketika usianya masih sangat muda. Ki Langgeng juga gemar menempa dirinya dengan “ngangsu kawruh” pada dalang dalang sepuh yang sudah lebih dahulu tersohor seperti Ki Sugino Siswo Carito, Ki Sugito Purbo Carito ( keduanya dalang kondang gagrag Banyumas asli dari Banyumas), hingga banyak ilmu yang mampu diserapnya.

Ki Langgeng Hidayat kini adalah salah satu dalang senior tidak hanya di Kabupaten Kebumen namun di pulau Jawa pada umumnya. Kondisi ini didukung dengan seringnya Ki Langgeng pentas diberbagai wilayah di pulau Jawa hingga merambah keluar seperti di Sumatra dan Kalimantan

Tidak terhitung Ki Langgeng mengisi acara Gelaran wayang di stasiun RRI Purwokerto, RRI Semarang bahkan di TMII baik sebagai duta seni atau dalam acara tertentu dan karenanya Ki Langgeng Hidayat memiliki komunitas penggemar yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia.

Dalang yang juga aktif sebagai Pengurus Pepadi Kebumen ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa ( Lurah ) di Desa Rangkah, Kecamatan Buayan, Kebumen, sehingga masyarakat luas mengenal Ki Langgeng Hidayat  sebagai Lurah Dalang, karena dalam kurun waktu yang sama selain sebagai Dalang juga menjabat sebagai Lurah.

Sebagai dalang senior Ki Langgeng Hidayat sangat aktif mengajak generasi muda untuk tetap mencintai dan melestarikan budaya bangsanya, maka tidak segan Ki Langgeng menyediakan Kediamannya yang dibangun Pendopo dan diberi nama Pendopo Sinom digunakan tidak hanya untuk tempat pertemuan bermusyawarah namun juga untuk berlatih seni kerawitan dan pedalangan.

Ki Langgeng Hidayat tidak hanya jago membawakan kisah kisah pewayangan bseoerti Mahabarata dan Ramayana, namun juga mahir membuat sendiri wayang kulit hingga hasilnya tidak kalah dengan wayang wayang buatan penyungging kenamaan di Solo dan Jogjakarta.

Ki Langgeng Hidayat adalah satu diantaranya dalang kebanggan Kebumen, yang banyak dekat dengan tokoh lokal dan nasional, juga dalang yang sangat konsisten memperkenalkan Tokoh wayang asli kebumen untuk ponokawan Sontoloyo dan Jaewana yang merupakan asli buatan leluhurnya Mbah Dalang Sono.

Kebumen, 16 Mey 2020

Ki Setyo Brajabumi

Pemerhati Budaya Nusantara, Hp. 081310352619

About redaksi

Check Also

Sugeng Tindhak Bopo MT  MT Arifin

Rabu, 9 September 2020, menjadi hari berduga bagi para penggiat budaya. Sebab hari itu, budayawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *