Home / KANGBARNO / Mengenal Dalang Kebumen-10:Ki Purwono Sinugiyanto dalang Kembar Langganan Birokrat

Mengenal Dalang Kebumen-10:Ki Purwono Sinugiyanto dalang Kembar Langganan Birokrat

Memiliki kemampuan mendalang yang hebat adalah suatu hal yang banyak diimpikan para dalang dalang yang ada, namun kemampuan mendalang yang hebat dengan diimbangi manajemen komunikasi ditingkat birokrat yang hebat, tidaklah banyak dimiliki oleh para dalang, kecuali beberapa dalang eksekutif seperti halnya Ki Mantep Sudarsono, Ki Anom Suroto dan Ki Purbo Asmoro.

Kemampuan lobi tingkat tinggi memerlukan ilmu dan wawasan yang memadai juga terobosan terobosan cantik yang eksklusif dan  terkesan smart.

Adalah Ki Purwono Sinugiyanto, SSn atau Biasa disebut Dalang Kembar, sang asli Desa Wirogaten, Kecamatan Mirit Kebumen ini dalang Kebumen yang mampu mengikuti jejak dalang kondang di tingkat birokrat.

Terlahir Kembar dengan saudara kembarnya Ki Purwanto ( juga menekuni jalur seni sebagai pengendang ), Ki Purwono Sinugiarto adalah putra dalang kenamaan Ki Marwoto, dalang  Kebumen yang cukup disegani.

Bakat kemampuan mendalang yang diturunkan dari sang ayah, diasah lebih matang di bangku kuliah pada  STSI ( sekarang ISI ) Surakarta, dengan.mengambil jurusan Pedalangan.

Dalang Kembar paham benar dengan kemampuannya hingga besar tekadnya untuk menjadi dalang besar yang berkelas. Maka tidak segan dilakukannya “ngangsu kawruh”kepada dalang dalang favoritnya seperti Ki Mantep Sudarsono, Ki Enthus Susmono dan Ki Anom Suroto.

Seperti pepatah Jawa yang mengatakan ” Sopo temen bakal tinemu” Ki Purwono Sinugiyanto akhirnya mampu mewujudkan impiannya.

Tidak hanya di Kebumen, namun memiliki jangkauan yang lebih luas di wilayah lain, Dalang kembar kini menjadi langganan untuk pentas mengisi acara acara yang diselenggarakan Pemerintah baik lokal maupun nasional.

Dalang Kembar memiliki kemampuan sabet yang mampu menyerap ilmu sabet Ki Mantep Sudarsono dan menghadirkan bintang tamu kenamaan yang juga sering dilakukan dalang kondang tingkat nasional.

Prestasi dan penghargaan yang diterima tidak sedikit, beberapa kejuaraan lomba dalang ditingkat lokal dan nasional pernah diraihnya.

Prestasi yang juga membanggakan Dalang Kembar kini juga dipercaya oleh Universitas Indra Prasta ( Unindra Jakarta ) yang dipimpin oleh Rektor Dr. Sumaryoto untuk berperan serta melaksanakan program pengenalan dan mengembangkan sekaligus edukasi seni budaya kepada masyarakat melalui pementasan wayang kulit di berbagai daerah.

Suami dari pesinden Dwi Sinse adik Sinden Kondang Eka Suranti ( juara Sinden Idol ), juga kerap kali diminta pentas di pondok pondok pesantren.

Ketika ditanya kesan yang paling mendalam pada perjalanan hidupnya adalah ketika menikah Ki Enthus Susmono secara khusus berkenan pentas dikediaman istrinya dan memberikan kenangan khusus sebilah keris yang hingga kini masih tersimpan rapih.

Untuk dalang kembar ralat nama Pak bukan Sinugiarto tapi Sinugiyanto. Newun.

Kebumen, 15 Mey 2020

Ki Setyo Brajabumi

Pemerhati Budaya Nusantara, Hp. 081310352619

About redaksi

Check Also

Sugeng Tindhak Bopo MT  MT Arifin

Rabu, 9 September 2020, menjadi hari berduga bagi para penggiat budaya. Sebab hari itu, budayawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *