Home / PMD / Kundha Kabudayan Kulon Progo gelar lomba Alih Aksara SMA/SMK/MA

Kundha Kabudayan Kulon Progo gelar lomba Alih Aksara SMA/SMK/MA

Pengasih, Kabarno.com – Untuk melestarikan dan menjaga agar aksara jawa tidak punah Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo menggelar lomba alih aksara tingkat SMA/SMK se Kabupaten Kulon Progo.

“Hari ini kita gelar lomba alih aksara agar aksara jawa tidak punah, untuk itu kita lestarikan dengan cara lomba,” kata Budi Kabid Sejarah Bahasa Sastra dan Permusiuman Kundha Kabudayan Kulon Progo. Selasa, 22 September 2020

Budi menambahkan lomba alih aksara ini di ikuti sebanyak 25 peserta yang terdiri dari SMA/SMK/MA se Kabupaten Kulon Progo. Lomba alih aksara berlangsung di Aula Dharmais Sendangsari Pengasih Kulon Progo. Pemenang lomba nantinya akan diikutkan lomba alih aksara di tingkat DIY.

Materi yang dilombakan yaitu aksara jawa dialihkan ke aksara latin dan aksara latin dialihkan ke aksara jawa, dengan durasi waktu 90 menit.

Salah satu peserta lomba alih aksara Sholeh Raharja kela 11 mengikuti lomba alih aksara yang pertama kali diselenggarakam Dinas Kebudayaan Kulon Progo menurutnya sangat bagus, dapat menambah pengalaman serta menjaga lestarinya budaya jawa.

“Seneng menambah pengalaman dan ikut melestarikan aksara jawa,” jelas Sholeh.(yah)

 

About yadi haryadi

Check Also

Polres Kulon Progo data senapan angin

Pengasih, Kabarno.com – Dalam rangka pembinaan dan pendataan kepemilikan senapan angin untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *