Home / PMD / Kulur Mbangun Puro Kencono, Kokap Wisanggeni Duto

Kulur Mbangun Puro Kencono, Kokap Wisanggeni Duto

Dalang senior, Ki Ngadi Hadi Widodo, menutup serangkaian kegiatan Merti Desa dan penutupan kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke 73 Desa Kulur, Temon, Kulon Progo.

Wayang Kulit semalam suntuk menampilkan lakon Mbangun Puro Kencono dengan bintang tamu Yu Ambar dan Yu Ira dari Ambal Kebumen Jawa Tengah.

” Adicara Merti Desa ing Kulur puniko rutin, saben warsa ananging ingkang radi regeng yih warsa puniki, jalaran sesarengan kaliyan pengetan Kamardikan, pramilo kathah kegiatan ing kang dipun adani, lan puniko nggelar ringgit cucal minangka mungkasi kegiatan,” kata Janu Indrianto Ketua Panitia Bersih Desa, Desa Kulur  Minggu 26 Agustus 2018.

Janu menambahkan penutupan dengan menggelar wayang kulit ternyata masih di gemari tidak hanya orang tua, namun pemuda juga banyak yang menyaksikan, terlebih dengan di hibur bintang tamu yang dapat menarik penonton.

Sementara informasi yang di dapat Kabarno.com dari Panitia Hari Besar Nasional Kecamatan Kokap Adi Purnama, kegiatan dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke 73 Republik Indonesia, untuk Kecamatan Kokap menggelar berbagai kegiatan seperti perlombaan yang sifatnya hiburan, pertunjukan seni kerakyatan di masing masing pedukuhan serta puncak acara di pusatkan di Pendopo Kecamatan.

Adi Purnama menambahkan penutupan rangkaian kegiatan HUT RI di Kokap, dilakukan pada hari Senin, 27 Agustus 2018. Dalang remaja asal Gunungrego Hargorejo Kokap, Aldi Rizqi menampilkan lakon Wisanggeni Duto, Aldi sendiri merupakan pemenang ketiga Festival Dalang tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2018.

Sebelum pementasan terlihat Warsidi, Camat Kokap dan ketua PHBN Adi Purnama menyerahkan tokoh Wisanggeni kepada Dalang remaja Aldi Rizqi.  Dengan rasa trenyuh Camat Kokap berucap kepada dalang,   sukses ya nak.” (yad)

About redaksi

Check Also

Cegah virus Covid-19 Polsek, Koramil Nanggulan bersama warga Wijimulyo semprot disinfektan

Nanggulan, Kabarno.com – Untuk pencegahan penyebaran Virus Covid-19 jajaran Kepolisian Sektor Nanggulan dan Koramil Nanggulan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *