Home / KANGBARNO / KPDJ Ikut Pelatihan & Pemberdayaan UMKM Banhubda DIY
Ketua Komisi A DPRD Provinsi DIY, memberikan pelatihan.

KPDJ Ikut Pelatihan & Pemberdayaan UMKM Banhubda DIY

Sebanyak 100an warga Jogja di Jabodetabek, dari pagi hingga siang ini, dikumpulkan di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Penyelenggaranya Badan Penghubung Daerah Provinsi DIY (Banhubda).

Secara resmi, acara ini merupakan Pelatihan dan Pemberdayaan UMKM Yogyakarta di Jakarta Berkarakter Yogyakarta. Selain dihadiri Kepala Banhubda dan jajarannya, tampil sebagai pembicara antara lain Ketua Komisi A DPRD Provinsi DIY serta Ketua Ikatan Gunung Kidul.

Dari jumlah itu, ada lebih dari 20 orang anggota komunitas Kulon Progo di Jabodetabek (KPDJ) yang ikut diundang. “Yang dapat bantuan usaha ada sekitar 18 orang, selebihnya adalah pengurus KPDJ, kata Mbah Yatno Ali Monsa, sesepuh KPDJ yang ikut hadir di TMII.

Pelatihan dan pemberdayaan UMKM ini, memang tindak lanjut dari program bantuan untuk pelaku UMKM perantau Jogjakarta. Dari Kabupaten Kulon Progo, ada sebanyak 18 orang anggota KPDJ yang mendapatkan bantuan.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat, karena yang diterima anak-anak berupa modal yang sudah berupa barang untuk berdagang. Jadi bukan berbentuk uang yang bisa disalahgunakan bukan untuk usaha. 18 orang anak KPDJ mendapatkan bantuan usaha,” tambah Mbah Yatno.

18 orang tersebut, dipilih yang benar-benar memiliki usaha, sehingga tidak ada rekayasa data sama sekali. “Pihak Banhubda juga terus memberikan pendampingan dan pelatihan agar bantuan usah bisa dikembangkan lebih maksimal,” tutur Mbah Yatno yang juga penggagas komunitas Sahabat Ngopi, sebuah wadah kreativitas perantau Kulon Progo di Jabodetabek.(her)

 

 

About redaksi

Check Also

Turnamen Sahabat Ngopi II Sukses, Terima Kasih Pak Paiman, Pak Eko, Pak Jono & Para Sponsor

Dengan semangat memerangi Covid 19, turnamen Sahabat Ngopi II yang digelar Sabtu-Minggu, 17-18 Oktober 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *