Home / PMD / Kepungan Zulkhaidah ing Kemukus Tanjungharjo Nanggulan

Kepungan Zulkhaidah ing Kemukus Tanjungharjo Nanggulan

Nanggulan, Kabarno.com – Kepungan atau kenduri “Zulkhaidahan” merupakan tradisi yang dilaksanakan warga Pedukuhan Kemukus, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

“Menika nguri uri tradisi tilaranipun simbah simbah ingkang sampun kawuri, pun wastani Zulkhaidahan warga sami mbeta sekul sak lawuhipun lan sak sampunipun di dongani kaum rois lajeng didahar sareng sareng,” dikatakan Sakiman HW pelestari budaya setempat Senin, 6 Juli 2020.

Zulkhaidahan dilaksanakan biasanya pada tanggal 15 bulan Zulkhaidah, sebelumnya warga melaksanakan bersih bersih makam dan lingkungan Pedukuhan dan di lanjutkan pada hari ini Senin, 6 Juli 2020 dengan Kembul Zulkhaidah atau kenduri Zulkhaidah.

Panewu Nanggulan Duana Heru S dihubungi Kabarno.com mengatakan di Nanggulan tradisi masih berjalan sesuai tradisi yang telah ada di tengah pandemi Covid kegiatan nguri uri tradisi seperti Zulkhaidahan yang dilaksanakan warga Kemukus, Tanjungharjo, Nanggulan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Saya mengapresiasi warga masyarakat masih menjunjung nilai nilai tradisi, sehingga tradisi yang dilaksanakan tidak akan punah,” kata Duana.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Polsek Wates sosialisasikan KTN di Pedukuhan Trimulyo, Sogan, Wates

Wates, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Wates belum lama ini membentuk Kampung Tangguh Nusantara di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *