Home / KEMAT / Kadga, Pusaka Kadewatan & Jejak Keris

Kadga, Pusaka Kadewatan & Jejak Keris

Ini dia Kadga. Sebilah pusaka tua yang sering disebut berasal dari era Kadewatan. Milik para dewa. Termasuk dewa-dewa di masa Yunani yang mirip dengan keris Sepang Jawa.

Menurut Ki Setyo Budi, dilihat dari berbagai sisi, sisi material misalnya bahan besi dan bajanya besar kemungkinan langsung diambil dari bijih besi yang ada di alam. Tentu saja yang pilihan.

“Dari sisi usia Kadga ada di era Kadewatan. Era sebelum era kabudan, Jenggala atau Kediri, hingga dapat dipastikan sudah sangat berusia, terlebih dari sisi isoteri yang diyakini sebagai pusaka para dewa. Semua ini sangat layak, andaikan saat ini masih ada kadga tentu saja nilainya bukan hanya mahal tapi bisa jadi sangat mahal,” jelas Ketua Umum Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi ini.

Diskusi tentang Kadga memang menaraik. Di Grup WA Perkumpulan Brajabumi juga riuh-rendah membahas soal jenis keris dari masa sangat lampau itu. Awalnya, diskusi seru ini dimulai saat Ki Sugeng Winarto memposting sebuah foto patung seorang dewi yang mengggembang senjata yang kemudian dikenal sebagai Kadga.

“Ini prototype keris, Kadga, keris Sepang, sundang ataukah pedang excalibur. Manjusri. Keren abis, kalah patung Yunani dan memang gayanya Greeko. Senjata dan pusakanya itu loh. Keren abis,” kata Ki Sugeng yang koleksi keris tuanya mantul alias mantab betul.

Foto itu segera ditanggapi oleh Ki Beta P Yuwana yang melihat bentuknya cenderung ke Kadga tapi lebih ke arah spiritualitas bukan Kadga tembur. Terlihat dhapur Sepang merupakan salah satu jenis dhapur tua atau prototipe dari sebuah pusaka.  Lalu, Ki Beta memposting foto Kadga jenis tempur yang menyisakan bekas goresan akibat beradu dengan pedang.

“Dari sisi isoteri sebuah pusaka merupakan hal yang sangat sulit untuk dipelajari karena ini butuh keahlian khusus. Belum tentu pusaka yang sepuh isoterisnya juga sepuh. Sebaliknya, belum tentu juga pusaka kamardikan bahkan yang koden pun level isoterisnya kaleng-kaleng,” kata Ki Beta.

Sementara itu, Ki Himawan Ressi menegaskan bahwa Kadga dalam bentuk pedang pernah pula ditemukan. “Kadga berbentuk pedang juga pernah ditemukan. Namun ciri kadga pasti ada handelnya menyerupai handel pedang,” tambah Ki Himawan Ressi yang dikenal memiliki banyak koleksi keris-keris tua dan unik. (kib)

About redaksi

Check Also

Keris Tangkis Antara Legenda dan Rasa Penasaran

Pagi-pagi tadi, suasana WAG yang menjadi rumah budaya virtual bagi para pecinta keris Perkumpulan Brajabumi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *