Home / PMD / Jatilan Bhekso Turonggo Mudho Siap Meriahkan Kopdar KPDJ nang Serang

Jatilan Bhekso Turonggo Mudho Siap Meriahkan Kopdar KPDJ nang Serang

Ini dia Jatilan Bhekso Turonggo Mudho Serang. Jatilan kreasi baru itu, siap tampil dalam Kopi Darat anak-anak muda Kulon Progo di Jakarta (Kopdar KPDJ) yang akan dilangsungkan di Serang, Banten, Ahad, 21 Oktober 2018.

Jatilan yang para personilnya berasal dari Sentolo, Kalibawang, Pengasih, dan Kokap ini tergabung dalam Paguyuban Seni Tari Jatilan Kreasi Baru Serang. “Ini memang tempatnya anak-anak muda perantauan untuk berkreasi sekaligus nguri-uri Kabudayaan tinggalan poro leluhur,” jelas Heri Maryanto yang memimpin jatilan yang sudah malang-melintang di banyak panggung di Banten itu.

Pada penampilan hari Minggu nanti, yang dimunculkan khusus yang usianya masih muda-muda. Ini adalah bagian dari memberi kesempatan kepada yang muda untuk memiliki jam terbang, sehingga penampilannya lebih terasah.

Sebenarnya, tambah Hari, personil yang lebih senior juga akan tampil, tapi mengingat waktunya yang tidak panjang, lebih baik yang muda-muda saja. “Kalau yang senior, memang lebih gayeng, tapi nanti kalau sudah ndadi malah repot. Bisa-bisa akan memakan waktu penampilan yang lebih lama,” terangnya.

Kopdar KPDJ yang didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan ini, adalah bagian dari kegiatan anak-anak muda KPDJ yang rutin digelar. Kali ini, yang menjadi tuan rumah adalah Koordinator Wilayah (Korwil) Serang. Ini sekaligus menjadi pemanasan untuk menggelar Kopdar Akbar.

“Benar ini Kopdar kecil menuju Kopdar Akbar,” kata Dani Santoso, Ketua KPDJ Korwin Serang yang sudah sejak pekan kemarin, melakukan berbagai persiapan untuk hajatan tanggal 21 Oktober nanti.

Bertempat di Padepokan Peresaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Kampung Plawad Ciruas Serang, Kopdar ini akan diikuti berbagai elemen di dalam KPDJ. Selain mereka yang berasal dari Korwil Serang, beberapa perwakilan Korwil lain juga siap mengirimkan wakilnya.(ali)

About redaksi

Check Also

Merti Bumi Tinalah ing Purwoharjo Samigaluh memetri kali Tinalah

Samigaluh, Kabarno.com – Pemerinah Kalurahan Purwoharjo Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *