Home / KEMAT / Ini Dia Keris Pamor Wahyu Tumurun Milik Ki Muji

Ini Dia Keris Pamor Wahyu Tumurun Milik Ki Muji

Reriungann para penggiat perkerisan sore tadi membahas keris pamor Wahyu Tumurun. Ada Ki Mujiono, Ketua II Perkumpulan Brajabumi yang memiliki keris pamor Wahyu Tumurun. Ada pula Ki Setyo yang Ketua Umum Brajabumi. Serta dua pengurus Brajabumi lainnya, Ki Sugeng dan Ki Unggul Pamudi.

Keris Kiai Wahyu Tumurun, adalah kebanggaan Ki Mujiono, seorang supranaturalis yang beralamat di Kedungwinangun, Klirong, Kebumen. Dan nyatanya, keris ini memang termasuk pusaka yang indah.

Berdapur tilamsari, tangguh atau era pembuatan keris ini  adalah Mataram, yang dikenal mewariskan keris-keris ampuh, indah, dan diburu para kolektor. Pamor Wahyu Tumurun adalah salah satu yang sangat diminati penggemar keris.

Memiliki warangka  gayaman  Jogjakarta, keris Kiai Wahyu Tumurun milik Ki Muji, terasa semakin anggun karena terbuat dari kayu timoho. Iras berpendok blewah mamas, keris pamor wahyu Tumurun  secara umum sangat menyenangkan.

Jika diartikan, keris ini memiliki makna turunya anugerah, ilham gaib atau wangsit. Keris Wahyu Tumurun dari sisi mistis dan tuah dipercaya  mengandung doa dan harapan dari empu pembuatnya agar pemilik pusaka mudah mendapatkan petunjuk, wahyu ataupun yang berkaitan dengan kepangkatan atau mendapatkan  jabatan.

Ki Mujiono mendapatkan keris ini beberapa tahun lalu ketika sedang melakukan ritual puja semadi di keraton suci Bulupitu Kebumen. “Ini keris yang sangat saya gemateni, karena memang pamor Wahyu Tumurun itu jarang dimiliki orang biasa,” kata Ki Muji.

Ki Setyo, Ki Sugeng, dan Ki Unggul Pambudi sebagai pakar keris di Kebumen sependapat bahwa keris Wahyu Tumurun cocok untuk mereka yang ingin mencapai kemapanan dan peningkatan taraf hidup. Misalnya saja  kenaikan pangkat, dan datangnya rejeki yang melimpah. Selain itu, menurut Ki Unggul, keris Wahyu Tumurun juga cocok untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

“Berdasarkan wisik yang beliau terima, keris tersebut dinamai Kiai Slamet Candra Sumunar. Hal mistis yang dialami oleh Ki Mujiono setelah medapatkan keris wahyu tumurun ini dalam memberikan pertolongan supranatural kepada orang-orang di sekitarnya,” kata Ki Sugeng yang paham betul tentang keris sahabatnya itu.

Menurut Ki Setyo yang juga supranaturalis, sosok gaib yang mbaurekso keris Wahyu Tumurun adalah sesosok laki-laki tua semacam pandita  berjubah putih. Pandita itu  berselempang kuning dengan rambut  digelung. Wajahnya teduh dan berkharisma dengan tangan kiri memegang tasbih.(C-1)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-15:Ki Bambang Cahyono, Dalang yang Budayawan

Keberadaan dalang di wilayah Kabupaten Kebumen tersebar merata dan nyaris di setiap kecamatan ada.  Seakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *