Home / PMD / H. Toyo Santoso Dipo miwiti adat Ki Daruno Ni Daruni

H. Toyo Santoso Dipo miwiti adat Ki Daruno Ni Daruni

Panjatan, Kabarno.com – Hari Selasa Kliwon, 17 September 2019, kemarin di Pedukuhan Beran, Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo di adakan adat tradisi Ki Daruno Ni Daruni, jelas Mbah Prawoto Wiyono sebagai Ketua Penyelenggara Adat Tradisi Suran Ki Daruno Ni Daruni kepada Kabarno.com di sela sela acara.

” Adat tradisi suran kaping sepisan dipun wiwiti panjenenganipun Bapak H. Toyo Santoso Dipo duk rikala semanten minangka Bupati Kulon Progo, sahingga sepriki sedulur sedulur nerasaken tradisi punika.”

Mbah Prawoto menambahkan adat tradisi semula sederhana dan di awali oleh Bapak Toyo sewaktu menjabat Bupati, dan setiap ada acara adat tradisi suran Ki Daruno Ni Daruni menyempatkan hadir.

Adat tradisi suran Ki Daruno Ni Daruni merupakan sejarah terjadinya Pedukuhan Beran, konon cerita salah satu prajurit Pangeran Diponegoro pada tahun 1825 – 1830 melihat tempat tersebut berupa lahan atau pekarangan yang tidak ada tanamannya ( bero jawa ) dan oleh prajurit tempat tersebut diberi nama Beran.

Untuk mengingat sejarah tersebut warga masyarakat pada jamannya membuat petilasan yang di beri nama Petilasan Ki Daruno Ni Daruni hingga sampai sekarang setiap bulan suro ( jawa ) di lakukan adat suran dan.di ambil pada hari Selasa Kliwon. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Pak Tentara blusukan ing sawah Jatisarono, Nanggulan

Nanggulan, Kabarno.com – Kang Mulyono, salah satu petani anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur, Jatisarono, Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *