Home / PMD / Grontol e Yu Nem saben esuk ludes, kelarisan.

Grontol e Yu Nem saben esuk ludes, kelarisan.

Mungkin anak jaman now tidak mengenal yang namanya Grontol, salah satu makanan peninggalan simbah simbah, Grontol makanan terbuat dari bahan baku Jagung yang sudah di masak atau direbus, tapi bukan jagung godog, makanan ini bisa di jumpai di Pasar Tradisional, di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

” Menika naminipun Grontol, enak, eco gurih, tur nggih mareki, mboten damel darah tinggi, tur murah idep idep nglarisi mbakyune, nek sakiki wis entek suk esuk tindak mriki, wong kula saben isuk sampun dumugi peken.” kata Mbakyu Inem, di Pasar Pagi Pasar Wates.

Grontol merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku jagung, sebelumdi masak atau direbus jagung yang sudah di pipili terus didang, setelah jagung pipilan masak kelihatan pecah pecah diangkat disebuah tampah ( papan ), dicampur parutan kelapa dan dikasih sedikit garam dapur, terus siap saji, tambah Yu Nem.

Yu Nem berangkat ke Pasar Pagi Pasar Wates, sekitar pukul 04.00 wib, meski di tanya alamat rumahnya Yu Nem menjawab dengan singkat ” kula Kulon Progo”.

Dalam waktu kurang lebih dua jam, Yu Nem menjajakan Grontol di Pasar Pagi Pasar Wates, sudah mengantongi uang Rp. 100.000, – lebih sedikit, itu kotor. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Rumput Liar ganggu tanaman padi

Girimulyo.Kabarno.com – Banyaknya Gulma atau rumput liar yang tumbuh disela sela tanaman padi di bulak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *