Home / PMD / Festival Dolanan Anak dari Desa Sidorejo Lendah

Festival Dolanan Anak dari Desa Sidorejo Lendah

Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, selama ini dikenal sebagai gudangnya budaya. Mulai dari kelasnya anak-anak hingga orang tua. Dan, kini, selama sepekan, Desa Budaya Desa Sidorejo menyelenggarakan festival dolanan anak antar pedukuhan.

Kepala Desa Sidorejo, Sutrisno, menjelaskan hal tersebut saat ditemui Kabarno.com di Balai Desa Sidorejo, tadi malam.”Pengurus Desa Budaya Sidorejo Lendah yang didukung oleh Pemeritah Desa Sidorejo menyelenggarakan festival dolanan anak antar pedukuhan,” ungkapnya.

Sebagai Kepala Desa, ia selalu mendukung warganya untuk berkreasi, terlebih  dalam soal budaya, pasti memdapat suport dari Desa. Dari 14 pedukuhan, meski berdurasi pendek semua mengikuti festival dolanan anak. Mereka tidak mencari kemenangan, karena yang terpenting mengingatkan anak-anak untuk lebih mengetahui cerita jaman dahulu walaupun terpenggal-penggal.

Kegiatan ini, langsung mendapatkan apresiasi dari Wruhantoro selaku Kepala Bidang Seni Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo. Ia mengatakan dolanan anak merupakan bagian dari budaya yang baik, sebaiknya diketahui anak-anak di jaman sekarang. Karena dolanan anak banyak memberikan manfaat seperti kesehatan, kekompakan, kesetiakawanan, dan keakraban.

Festival dolanan anak diselengggarakan oleh Desa Budaya Desa Sidorejo yang didukung Pemerintah Desa. Terselenggara berkat  kerja sama dengan masyarakat, sehingga perhelatan seperti itu layak untuk dilestarikan. (yad)

About redaksi

Check Also

Fajar Gegana : Waspada Pandemi Covid-19, taati protokol kesehatan

Kokap, Kabarno.com – Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana pada Kamis sore, 24 September 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *