Home / PMD / Esuk Iki, Yuk Nang Alwa Ndelok Festival Upacara Adat
Festival Upacara Adat Jogjakarta di Alwa (instagram/dinbud_kp)

Esuk Iki, Yuk Nang Alwa Ndelok Festival Upacara Adat

Pagi ini, Alun-alun Wates (Alwa) di Kulon Progo sudah siap menyambut, Festival Upacara Adat. Hajatan akbar Dinas Kebudayaan Provinsi Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyaakarta (DIY) itu, akan dimulai jam setengah sembilan pagi ini, Minggu, 22 Juli 2018.

Empat kabupaten dan satu kotamadya di DIY, telah merancang lima janis upacara adat. Kabupaten Kulon Progo, sebagai tuan  rumah, menyiapkan  Upacara Kembul Sewu Dulur. Sementara itu, Kontingen Kota Jogjakarta menampilkan  Upacara Bakdo Ketupat, Kontingen Kabupaten Sleman dengan Upacara Wiwit Agung, Kontingen Kabupaten Gunungkidul mengusung Upacara Watu Manten, Kontingen Kabupaten Bantul akan menyuguhkan Upacara Siraman Gilanglipuro.

Kembali digelar, menurut Setyawan Sahli, Kepala Bidang Adat dan Seni Tradisi Dinas Kebudayaan DIY  Festival Upacara Adat sudah digelar sejak 15 tahun lalu. “Benar sudah ada 15 tahun.  Festival Upacara Adat sudah menjadi agenda rutin  Dinas Kebudayaan DIY. Sebelum saya ada di sini, sudah diadakan,” katanya, tadi pagi, Jumat, 20 Juli 2018.

Kepala Bidang Adat dan Seni Tradisi Dinas Kebudayaan DIY yang akrab dipanggil Kang Iwan itu menambahkan, kalau penyelenggaraannya dilaksanakan di Jogja terus-menerus rasanya masih kurang. Padahal di Kabupaten dan Kota untuk ketempatan sebagai penyelenggara pasti mampu.

Jadi sudah tiga kali penyelenggaraan, tempatnya bergiliran.Pada tahun 2015 pelaksanaannya ada di Sleman, tahun 2016 di Kota tahun 2017 di Bantul dan tahun 2018 penyelenggaraannya di Kulon Progo yang  mengambil tempat di Alun Alun Wates.(yad)

About redaksi

Check Also

Warga Polodadi Kulur Temon terapkan Tatanan Kehidupan Baru

Temon, Kabarno.com – Guna pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kulur, Temon, Kulon Progo di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *