Home / PMD / Ditinggal Sholat daleme Mbah Ngatilah awan mau Kobong

Ditinggal Sholat daleme Mbah Ngatilah awan mau Kobong

Kalibawang, Kabarno.com – Siang tadi Rabu, 27 November 2019 sekitar pukul 11.30 wib telah terjadi kebakaran rumah, milik Mbah Ngatilah warga Padaan Wetan, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabuoaten Kulon Progo, dikatakan Marsinah tetangga korban.

” Watawis jam 11.30 wib Mbah Ngatilah nggodhog banyu lan ditingal sholat, nembe mendet ruku utawi mukena, Mbah Ngatilah mireng suwanten plethek – plethek, nuweni wing kasunyatan pawon sampun kobong lajeng tulung tulung pados bantuan.”

Marsinah juga berusaha mencari bantuan dengan berteriak teriak dan selanjutnya warga berdatangan namun api cepat merembet hingga rumah, warga berusaha untuk memadamkan secara manual dan sebagian warga melapor ke pihak yang berwenang.

Sementara Sekcam Kalibawang Suhardiyana menuturkan dari sejumlah saksi di lokasi mengatakan api secara cepat merembet dirumah jadi kondisi dapur dan rumah ludes kebakar, tindakan yang dilakukan oleh Damkar Kulon Progo, TNI, POLRI, TRC BPBD Kulon Progo, Relawan setempat dan warga sekitar dengan cara pendinginan.

Untuk sementara Mbah Ngatilah diungsikan di tempat Kadus Padaan, dan pada itu juga mengalir bantuan dari BPBD Kulon Progo berupa :logistik makanan, terpal, dan peralatan dapur, dari KSB Banjaroya berupa bantuan logistik bahan makanan, dan dari Lazismu Kecamatan Kalibawang berupa logistik bahan makanan.

” Kerugian yang dialami Mbah Ngatilah kurang lebih ditaksir Rp. 75.000.000,- ( tujuh puluh lima juta ).”

Rencana tindaklanjut berkoordinasi dengan BAZNAS Kulon Progo, dan hasil koordinasi dengan Pemerintah Desa Banjarharjo, ada rencana pengeluaran dana bantuan darurat dari APBDes. ( yah ).

About yadi haryadi

Check Also

PKL SMKI Yogyakarta ditarik dari DAS Sentolo Kulon Progo

Sentolo, Kabarno.com – Sejumlah siswa siswi SMKI Yogyakarta yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan selama satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *