Home / PMD / Desa Bojong Songsong Kemerdekaan dengan Kesenian Rakyat

Desa Bojong Songsong Kemerdekaan dengan Kesenian Rakyat

Desa Bojong menyongsong Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dengan kemeriahan besar. Sejumlah Kesenian tradisi disiapkan di Lapangan Bojong Panjatan, pada Sabtu 11 Agustus 2018.

Menurut Kepala Desa Bojong, Dwi Handono, dari pagi sampai malam disiapkan banyak acara. “Acara ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Pemerintah Desa Bojong, dalam satu hari satu malam, kesenian lokal ditampilkan,” jelasnya.

Kesenian yang ditampilkan dalam Pentas Budaya Bojong diantaranya, Jathilan Ngudi Sari, Gedruk Kolo Duto, Sholawat Al Barokah dan Kethoprak Wargo Budoyo. Pementasan dimulai pukul 14.00 wib, dengan menampilkan Gedruk Kolo Duto dan dilanjutkan Jathilan Ngudi Sari sampai selesai.

Lalu, tadi malam ditampilkan Sholawat Al Barokah dan ditutup dengan drama Kethoprak Wargo Budoyo hingga selesai mengambil lakon Ronggo Lawe Gugur.

Kaswari, salah satu pemain kethoprak menceritakan, lakon yang dipentaskan merupakan cerita yang diambil dari babad Mojopahit yang konon, ceritanya menggambarkan kesrakahan yang akhirnya akan mendapatkan kekalahan. (yad)

About redaksi

Check Also

Bebas denda pajak PKB dan BBNKB diperpanjang hingga Desember 2020

Wates, Kabarno.com – Mendasar Peraturan Gubernur nomor 82 tahun 2020 tertanggal 21 september 2020, bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *