Home / PMD / Dandim  Kulon Progo Jadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SMKN 2 Pengasih

Dandim  Kulon Progo Jadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SMKN 2 Pengasih

Awal bulan ini, saat memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018  yang jatuh tanggal 1 Oktober, Dandim 0731/ Kulon Progo menjadi inspektur upacara di SMK Negeri 2 Pengasih.

Sebagai inspektur upacara, Letkol Inf Dodit Susanto, A. Md, memimpin upacara yang diikuti mulai Kepala Sekolah, Para Guru, Staff  dan seluruh siswa dari kelas sembilan sampai dengan kelas dua belas.

Dandim, dalam amanat upacara menegaskan kepada seluruh peserta bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara harus selalu dipertahankan keberadaannya. Sebab, nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila sudah terbukti dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar. Persatuan dan kesatuan,  toleransi dan kerukunan umat tetap terpelihara dan terjaga dengan baik, meskipun terdiri dari beberapa agama, suku bangsa dan bahasa.

Semua perbedaan yang menjadi kekayaan bangsa ini, juga tertulis dalam Lambang Burung Garuda “Bhineka Tunggal Ika”, meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Kepada para siswa Dandim mengharapkan agar mengetahui dan mengenal nama dan sejarah perjuangan para Pahlawan Revolusi, yang menjadi korban kebiadaban komunis, sebagai siswa harus selalu disiplin, rajin belajar, jauhi narkoba, jaga persatuan dan jangan tawuran serta hormati guru dan orangtua.

“Mari menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, berkepribadian luhur dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi,” kata Dandim 0731 Kulon Progo, Letkol Inf Dodit Susanto. (yad)

About redaksi

Check Also

Mbah Dimyati warga Sidoharjo Samigaluh seda kebrukan wit kemiri ing pekarangane tangga

Samigaluh, Kabarno.com – Nahas menimpa kakek Dimyati 75 tahun warga Padukuhan Tukmudal, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *