Home / PMD / Cooo…..ayo pada ronda

Cooo…..ayo pada ronda

Pengasih.Kabarno.com – Setiap malam di Pedukuhan Mrunggi, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, dan bahkan merata di semua Pedukuhan yang ada di Desa Sendangsari terdengar suara, Cooo..ayo ronda, kata Kepala Desa Sendangsari, Suhardi kepada Kabarno.com disela sela Lomba Pos Kamling tingkat Polda DIY, Selasa, 28 Mei 2019.

  1. ” Coooo….ayo ronda, itulah tradisi warga Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, sewaktu warga yang mendapat giliran ronda untuk melaksanakan piket ronda.”

Suhardi menambahkan Pos Kamling Pedukuhan Mrunggi beberapa bulan lalu telah lolos dalam Lomba Pos Kamling tingkat Polres Kulon Progo dan saat ini Pos Kamling Pedukuhan Mrunggi mewakili untuk tingkat Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara Aspiyah Camat Pengasih mengatakan, Pos Kamling Pedukuhan Mrunggi memang layak untuk mewakili maju ke tingkat Polda DIY, sebab Pos Kamling Pedukuhan Mrunggi merupakan Pos Kamling swakarsa, kemandirian dari warga masyarakat untuk menjaga ketentraman dan kenyamanan serta keamanan selalu terjaga dan apa bila menemui permasalahan selalu dibahas dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas.

Sedangkan salah satu tim penilai Lomba Pos Kamling tingkat Polda DIY, AKBP Mujiyono Wadir Binmas Polda DIY, mengatakan sebagai tim penilai Lomba Pos Kamling ini dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara ke 73, dan setiap tahun kegiatan ini dilaksanakan agar di daerah daerah atau di Daerah Istimewa Yogyakarta tercipta pengamanan swakarsa, Polisi bertugas tidak bisa sendirian untuk membangun daerah yang aman, dan damai, tidak ada gangguan kamtibmas, perlu adanya kemandirian dari warga masyarakat. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

BAGUNA PDI Perjuangan Kulon Progo cegah Covid-19 di enam titik

Pengasih, Kabarno.com – Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo pada Kamis, 26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *