Home / PMD / Cara Cerdas Membaca Cepat di Perpusda Kulon Progo  

Cara Cerdas Membaca Cepat di Perpusda Kulon Progo  

Akhir pekan kemarin, ada puluhan anak anak di wilayah Kulon Progo yang berkumpul di Aula Perpustakaan Daerah. Mereka mengikuti pelatihan cara-cara membaca dengan cepat yang digelar oleh Perpusda Kabupaten Kulon Progo.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo, Drs. Agus Santosa MA, acara ini sangat bermanfaat untuk anak-anak sekolah. “Ada tujuh puluh anak yang mengikuti pelatihan membaca cepat, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan GIC,” jelasnya.

Sosialisasi Cara Cerdas Membaca Cepat (Smart Reading), tambah Agus, sangat penting dari yang normal 250 kata per menit bisa menjadi 4.000-5.000 kata per menit untuk tahap awal. Jika sudah mahir, maka kecepatan membaca bisa mencapai 100-500 halaman tiap 10 menit.

Tidak hanya cara membacanya yang cepat, karena pemahaman teks pun menjadi meningkat 200 persen daripada membaca biasa.

Salah satu narasumber kegiatan ini datang dari pihak ketiga yang memberi pemaparan dan penjelasan seputar Smart Reading. Lalu dilanjutkan dengan sesi demonstrasi dengan menghadirkan empat anak yang sudah mengikuti pelatihan Smart Reading, keempat anak ini memberikan testimony atas pengalamannya.

Sebelum acara sosialisasi Cara Cerdas Membaca Cepat (Smart Reading) selesai peserta diberikan kesempatan untuk bertanya atau tanggapan. (yad)

About redaksi

Check Also

Warga Bonorejo Lendah ngadani syukuran ing pandemi Covid

Lendah, Kabarno.com – Panen Padi dan palawija warga Pedukuhan Bonorejo, Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *