Home / PMD / BUMDes Mandiri Desa Bojonggenteng

BUMDes Mandiri Desa Bojonggenteng

Ketua Tim Pakar Mendes PDTT Haryono Suyono, menerima kedatangan Ivanovick Agusta, yang memimpin para pengumpul data yang membawa fakta menarik.

Perkembangan yang menarik bahwa suatu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berkembang bisa memiliki beberapa unit usaha yang berbeda kegiatannya tetapi semua bergabung dalam suatu unit usaha BUMDes.

Kenyataan ini bisa dibalik, bahwa usaha-usaha yang dikembangkan di masa lalu, seperti dikembangkan oleh PKK, Posdaya dan lainnya, bisa digabungkan oleh suatu Desa menjadi satu BUMDes yang kuat dengan beberapa unit usaha yang kemungkinan telah berkembang sebelumnya.

Pada contoh dari dari Desa Bojonggenteng yang berkembang adalah Bumdes Mandiri yang berkembang memiliki sejumlah unit bisnis, seperti unit usaha keuangan dan unit usaha perdagangan dan persewaan.

Unit Usaha lain adalah bidang Keuangan yang memberikan layanan simpan pinjam dan jasa keuangan mikro. Unit ini mampu memberikan akses pemodalan pada warga Desa Bojonggenteng dengan baik. Layanan finansial inklusif yang diberikannya membantu nasabahnya dengan pelayanan yang dinamis.

Dalam Usaha Perdagangan dan Persewaan, BUMDes Mandiri mengusung bendera Bummi Centre yang memiliki kantor layanan di kawasan strategis, yaitu Jalan Raya Cikaso Km. 01 Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Unit yang diluncurkan pada tahun 2017 menjual Alat Tulis Kantor (ATK), Jasa Fotokopi, dan Laminating. Adapun di bidang jasa sewa, Bummi Centre menyewakan mesin molen untuk mempermudah warga yang memiliki pekerjaan konstruksi bangunan.

Pada waktu ini,  Bummi Centre melakukan penjualan produk Jersey dan T-Shirt dengan mengikat kontrak kerjasama dengan manajemen RMJ27 dengan Brand Ambasador Abdullah Butet. Eksistensi manajemen RMJ27 dan Abdullah Butet sudah tidak diragukan lagi dalam lintasan Grasstrack. Mereka memiliki segudang prestasi tingkat lokal, lintas kabupaten, bahkan provinsi.

Sirkuit Tegal Laja Surade-Sukabumi menjadi saksi kepiawaian Abdullah Butet dalam mengendarai kuda besi. Pembalap dengan nomor 27 ini mampu menaklukan beragam rintangan sepanjang lintasan. Di balik sukses Abdullah Butet ada peran manajemen RMJ27 yang selalu memberi dukungan kondisi motor terbaik.

Kerjasama BUMDes Mandiri dengan RMJ27-Abdullah Butet adalah keterpaduan guna meningkatkan dan menjamin kelangsungan produksi jersey dan t-shirt sebagai praktik inovasi desa yang menggerakkan unit bisnis di desa. Praktik kerjasama ini dapat ditiru oleh desa-desa lain untuk menggairahkan perekonomian perdesaan.(tom)

About redaksi

Check Also

Waduh Omahe Jangkrik Kang Muji Anjir kobong

Kokap, Kapabarno.com – Kejadian kebakaran pada Senin, 14 September 2020 sekitar pukul 04.30 wib Rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *