Home / PMD / Bubar Panen warga Penggung – Ngaglik Purwosari Kenduri Kupat

Bubar Panen warga Penggung – Ngaglik Purwosari Kenduri Kupat

Girimulyo.Kabarno.com – Dua Pedukuhan di wilayah Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, hari ini Rabu, 22 Mei 2019, melangsungkan acara Baritan atau Kembul Kupat, dikatakan, Jemino 70 tahun sesepuh warga setempat.

” Menawi pasipun kula piyambak mboten mangertos, punika sampun tradisi turun temurun saking simbah simbah duk rikala semanten manut crito, saben tahunipun sakbibaripun panen sami ondrowinan dhahar kupat ing ngalas utawi sabin.”

Menurut Mbah Jemino yang lahir 70 tahun lalu, menuturkan sehabis Panen Padi warga masyarakat Pedukuhan Penggung dan Ngaglik menggelar agenda Baritan atau Kenduri Kupat, yang dilaksanakan di tengah bulak Ngaglik, hal ini dilaksanakan, merupakan ujud syukur kepada Tuhan, yang telah memberi rejeki, dan sukses dalam bercocok tanam.

Ujud syukur ini di laksanakan di tengah bulak persawahan Pedukuhan Ngaglik, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, agar warga dan rojo koyo miliknya selamat selamanya.

Sementara Babinsa Desa Purwosari, Sarana mengatakan, tradisi Baritan ini biasanya dilaksanakan pagi hari sekitar pukul 07.00 wib, namun tahun ini dikarenakan bebarengan dengan bulan puasa, maka pelaksanaannya pada sore hari dan sekaligus berbuka puasa bersama. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

BAGUNA PDI Perjuangan Kulon Progo cegah Covid-19 di enam titik

Pengasih, Kabarno.com – Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo pada Kamis, 26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *