Home / PMD / Belasan Calon Pengantin di Kapanewon Kokap Kompak Sedekah Bibit Ikan di Waduk Sermo

Belasan Calon Pengantin di Kapanewon Kokap Kompak Sedekah Bibit Ikan di Waduk Sermo

Kokap, Kabarno.com – Program Jogo Kaliku Sipatin (Jaga Komitmen Warga Kulon Progo Untuk Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo dari Sedekah Ikan Pasangan Pengantin). Setidaknya ada 12 calon pengantin di Kapanewon Kokap Kabupaten Kulon Progo pada Kamis, 9 September 2021 melaksanakan tebar benih ikan di dermaga 2 Waduk Sermo Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.

“12 pasang Calon Pengantin yang akan melangsungkan prosesi akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kokap pada bulan ini, Kamis pagi, 9 September 2021 mereka kompak menebar puluhan benih ikan di area obyek wisata Waduk Sermo,” dikatakan Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Wahib Jamil, Kamis, 9 September 2021.

Wahib menambahkan tebar benih ikan ini masuk ke dalam inovasi Program Jogo Kaliku Sipatin (Jaga Komitmen Warga Kulon Progo Untuk Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo dari Sedekah Ikan Pasangan Pengantin). Kegiatan tersebut kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Kemenag dan Dinas Kelautan dan Perikanan juga Dinpar Kulon Progo.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Sudarna mengatakan benih ikan yang boleh dilepasliarkan harus ramah terhadap lingkungan. Tidak boleh ikan berjenis predator dan invasive yang berpotensi menyebabkan kerusakan keanekaragaman hayati.

“Maka dari itu kami mengawal untuk jenis ikan yang boleh dilepasliarkan di perairan agar tidak merusak habitat lain di air,” katanya.

Kapolsek Kokap AKP Sujarwo saat mengikuti kegiatan tabur benih ikan di Waduk Sermo menuturkan, dalam kegiatan tersebut menurutnya sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Baik penyelenggara maupun calon pengantin saat kegiatan berlangsung.

“Penyelenggara dan calon pengantin saat melaksanakan kegiatan sudah sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.(yah)

 

 

 

About yadi haryadi

Check Also

Balita Warga Siliran Karangsewu Galur Tewas Kecemplung Tambak Udang

Galur, Kabarno.com – Warga Karangsewu Galur Kulon Progo pada Jum’at, 22 Oktober 2021 digegerkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *